Warga Desa Kincang Wetan Hias Kampung Sambut HUT Kemerdekaan

75

MADIUN, Jawa Pos Radar Caruban – Warga Desa Kincang Wetan tak ketinggalan merayakan HUT ke-74 Kemerdekaan RI. Nyaris di semua lingkungan terpasang pernak-pernik khas Agustusan. Mulai bendera, umbul-umbul, hingga botol plastik dicat warna merah-putih. ’’Semuanya swadaya. Kegiatannya memang menghias kampung, dilombakan,’’ kata Rusdi, ketua RT 23 RW 04, Desa Kincang Wetan, Jiwan, Madiun.

Tujuan diadakan lomba hias lingkungan itu untuk meningkatkan rasa kebersamaan warga. Selain itu, gotong royong dalam menjaga kebersihan. Termasuk menata dan menghias lingkungan RT agar lebih bagus. ’’Jadi, banyak manfaatnya,’’ ujar Rusdi.

Di sisi lain, hiasan pitulasan itu nantinya digunakan untuk ajang perlombaan tingkat kabupaten hingga nasional yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini. Sehingga dengan adanya kegiatan tersebut dapat menggugah rasa keprihatinannya kepada para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan pada masanya. ’’Kegiatan ini tidak lain karena apresiasi warga sebagai bentuk rasa hormatnya kepada para pahlawan,‘’ terangnya.

Tidak hanya menghias, juga digelar sejumlah perlombaan. Seperti balap karung, makan kerupuk, serta panjat pinang. ’’Semua kegiatan ini untuk menyemarakkan hari kemerdekaan. Kita sebagai pewaris sudah saatnya meneruskan perjuangan pahlawan,’’ pungkasnya. (mgc/c1/ota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here