Pacitan

Warga Buka Akses Tambang PT GLI

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – PT Gemilang Limpah Internusa (GLI) dan warga Desa Cokrokembang, Ngadirojo, telah bersepakat. Itu setelah dimediasi Bupati Pacitan Indartato, Minggu (22/9). Meski begitu, PT GLI belum mencabut laporannya atas lima warga penutup akses jalan menuju lokasi pertambangan.  ‘’Mungkin dalam waktu dekat akan dicabut,’’ kata Kasat Reskrim Polres Pacitan AKP Imam Buchori Senin (23/9).

Namun, itu masih dugaan Imam. Pertimbangannya, hasil kesepakatan saat mediasi di ruang rapat bupati tersebut. ‘’Akses ke tambang sudah dibuka masyarakat atas permintaan PT GLI. Berarti laporan selesai. Tinggal menunggu mencabutnya,’’ ujarnya.

Pembukaan kembali akses jalan sudah dilakukan kemarin (23/9). Kegiatan itu melibatkan kedua belah pihak PT GLI dan lima warga Desa Cokrokembang yang dipolisikan sebelumnya. Pun disaksikan anggota TNI-Polri serta perangkat desa setempat. Selain menyaksikan, mereka melakukan pengawasan agar realisasi kesepakatan berjalan lancar. ‘’Jangan sampai ada gejolak lagi,’’ imbuhnya.

Terkait tim negosiasi yang melibatkan kepolisian, Imam belum bisa membebernya. Saat ini fokusnya masih membuka penutupan akses jalan dan menunggu pencabutan laporan oleh PT GLI. Teknis penghitungan jumlah penerima dan besaran kompensasi warga juga belum dibicarakan. ‘’Tim belum terbentuk,’’ jelasnya.

Legal Officer PT GLI Badrul Amali belum bisa dikofirmasi terkait belum dicabutnya laporan di kepolisian tersebut. Sedangkan Mashari Sutarso, kuasa hukum warga Desa Cokrokembang, malah menyebut laporan atas kliennya sudah dicabut. ‘’Hari ini ada penandatanganan kesepakatan,’’ katanya. (odi/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close