Madiun

Warga Blimbing Protes Proyek Jaringan Pipa

Jangan Usik Sumber Dandang

MADIUN, Jawa Pos Radar Caruban – Ratusan warga Blimbing, Dolopo, geruduk menyoal pembangunan jaringan pipa yang pembangunannya tidak dimusyawarahkan terlebih dahulu. ‘’Tiba-tiba ada galian, warga tidak ada yang tahu,’’ kata Sumari, salah seorang warga, Senin (28/9).

Pembangunan itu disoal karena dianggap mengusik sumber air yang sebelumnya telah dimanfaatkan. Sudah 43 tahun, sumber air Dandang mengairi empat desa: Blimbing, Tileng, Ketandan, dan Suluk. Sampai sekarang pun tak pernah mengalami kekeringan dan kualitas airnya tak pernah menuai keluhan kesehatan. ‘’Sumber air Dandang itu peninggalan nenek moyang, jangan dirusak. Kalau pemdes ingin membantu, silakan buat sumber air sendiri untuk warga,’’ ujarnya.

Kepala Desa Blimbing Slamet menjelaskan, maksud pembangunan proyek dari program Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Kabupaten Madiun itu demi mencukupi kebutuhan pengairan hingga puluhan tahun ke depan. Agar desa ini tidak bergantung pengairan dari desa lain. Pengelolaannya nanti bakal melibatkan warga. ‘’Nantinya proyek ini dilanjutkan atau tidak, masih dirumuskan,’’ katanya. (mg4/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close