Wali Kota Patok Target Lima Besar Provinsi

46

MADIUN – Tugas Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Madiun bertambah. Wali Kota Madiun Sugeng Rismiyanto (SR) meminta agar dinas yang dinakhodai Heri Wasana membuat grafik pencapaian ujian nasional (unas) setiap mata pelajaran. ’’Grade nilai itu agar makin semangat. Seumpama mapel Bahasa Indonesia diberi info grafis nilainya berapa, dibuat kurva grade tahun rata-ratanya berapa,’’ ujar SR saat sidak unas di SDN 02 Mojorejo, kemarin (22/4).

SR juga berharap agar hasil rata-rata ujian nasional berbasis komputer (UNBK) SMP, dan ujian nasional kertas pensil (UNKP) SD bisa lebih baik dari tahun lalu. Pada tahun 2018, rata-rata UNBK SMP dan sederajat di Kota Madiun masuk peringkat II terbaik Jawa Timur. Terbaik pertama diraih Kota Malang. ’’Ya semoga lebih baik, setidaknya tetap di lima besar,’’ ujarnya.

Menurut SR, pelaksanaan UNBK dan UNKP di Kota Karismatik lancar. Sesuai pantauan langsungnya di SDN 02 Klegen dan SDN 02 Mojorejo, tingkat kehadiran 100 persen. Namun, jumlah kehadiran total di setiap sekolah belum diterimanya. SR juga menghimbau, agar peserta unas dapat menjaga kesehatannya. ’’Semoga lancar dan sukses,’’ jelasnya.

Sementara itu Koordinator Helpdesk SMP Kota Madiun Heru Kuswanto menyampaikan jika hari pertama UNBK SMP berlangsung aman. Dalam artian, tidak terjadi kesalahan teknis seperti tahun lalu. ’’Alhamdulillah hari pertama ini lancar, semua bisa token sesuai dengan jadwalnya. Token baru bisa diketahui siswa 10 menit sebelum ujian,’’ paparnya.

Dari informasi yang diperoleh Radar madiun, ada dua pelajar di SMPN 2  Kota Madiun absen lantaran sakit demam berdarah. Kabid Pendidikan Dasar Dindik Kota Madiun Eny Yuanawati saat dikonfirmasi sore kemarin (22/4) belum berani memastikan. ’’Sepertinya iya (dua peserta SMP. Besok saja ke kantor. Tapi kalau SD hanya ada satu anak yang hari ini tidak ikut ujian,’’ jelasnya.

Lanjutnya, salah seorang anak tersebut adalah murid dari SDN 05 Madiun Lor. Senin siang kemarin (22/4)  siswa tersebut  tengah menjalani operasi akibat patah tulang disalah satu tangannya. ’’Anak itu jatuh dari sepeda kemarin sore (21/4) waktu keluar mau beli jajan. Waktu jatuh dari sepeda tangannya itu menahan tubuhnya, terus patah tulang,’’ jelasnya. (dil/ota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here