Wali Kota Beri Solusi Masalah OSS PAUD

61

MADIUN – Angin segar untuk pengelola PAUD dan sederajat di Kota Karismatik. Wali kota Sugeng Rismiyanto (SR) menjamin perpanjangan izin operasional bisa berjalan lancar. Pemkot siap mendampingi kesulitan dalam pengurusan perizinan dengan model online single submission (OSS). ’’Saya sudah minta penanaman modal (DPMTSP, Red) untuk beri pemahaman dan pendampingan,’’ ujar SR kepada Jawa Pos Radar Madiun.

Dijelaskan, dirinya mengaku siap menjadi narasumber dalam sebuah forum yang menghadirkan yayasan maupun kepala sekolah PAUD. Harapannya dalam dialog pertemuan tersebut bisa menemukan solusi bersama yang tidak membebani ratusan PAUD tersebut. ’’Kami akan mencoba semaksimal mungkin hadir di semua hal yang sulit itu,’’ tandasnya.

Lanjutnya, sejatinya, OSS adalah kebijakan yang bagus. Tujuannya memberikan pelayanan secara langsung dan terpusat dengan masyarakat. Jadi, jangan sampai persoalan yang ada menjadi kendala penerapan OSS di Kota Karismatik. ’’OSS itu kan maunya bagus, tapi faktanya seperti ini (ada permasalahan),’’ ujarnya.

Sementara itu Kabid PAUD dan Pendidikan Non Formal (PNF) Heni Wisma Rosanawati menerangkan di tahun ini ada enam lembaga PAUD yang mengajukan surat rekomendasi sebagai salah satu persyaratan dokumen OSS. Ke enam lembaga tersebut telah melewati masa operasionalnya dari Januari-Maret 2019. ’’Enam ini belum yang selesai, semua masih tahapan, detailnya bisa dikonfirmasi ke dinas terkait,’’ ujarnya.

Data dari Dinas Pendidikan (DINDIK) Kota Madiun menunjukkan ada 169 lembaga di Kota Madiun. Dari ratusan lembaga tersebut hanya ada satu TK berstatus negeri. Yakni, TK Negeri Pembina Kecamatan Taman. ’’Sebenarnya  prosesnya tidak lama asalkan semua persyaratan lengkap dan terpenuhi,’’ paparnya. (mg2/ota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here