Wakil Rakyat Harapkan Peningkatan Predikat

14
LEGISLATIF-EKSEKUTIF: Empat pimpinan DPRD Ponorogo dan bupati saat membuka dua agenda rapat paripurna.

PONOROGO – Sinergi yang apik ditunjukkan legislatif dan eksekutif melalui rapat paripurna yang digelar DPRD Ponorogo kemarin (11/6). Sejumlah masukan didapat pemkab lewat pandangan umum fraksi. Salah satu yang paling penting adalah dorongan untuk meningkatkan predikat sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (SAKIP). ‘’Semakin baik predikat, semakin tinggi apresiasi dari pemerintah pusat dalam bentuk peningkatan anggaran,’’ sebut Jubir Fraksi PDI Perjuangan Agus Darmawan.

2018 lalu, SAKIP Ponorogo diganjar predikat B oleh pemerintah pusat. 2017 pun demikian. Berangkat dari hal itu, wakil rakyat mendorong agar pemkab dapat meningkatkan kinerja, khususnya di sejumlah indikator yang terkait dengan penilaian SAKIP. Sebab menurut Fraksi PDI Perjuangan, ada reward yang juga luput diperoleh Bumi Reyog. ‘’Sama seperti Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), SAKIP juga ada reward dana tambahan dari pemerintah pusat. Belum baiknya predikat, maka apresiasi yang akan diterima Ponorogo juga berkurang,’’ ujar Agus.

Hal senada diungkapkan Ketua DPRD Ali Mufthi. Sejumlah masukan dari koleganya di DPRD kemarin salah satunya juga menyorot tentang predikat SAKIP yang tertahan di nilai B. Ali berharap, tahun ini pemkab dapat semakin berbenah. ‘’Yang paling urgent dan kami setuju dengan bupati, nilai SAKIP ini harus ditingkatkan. Harapan kami semua, naik menjadi A. Itu yang harus diselesaikan pemerintah,’’ kata dia.

Bupati Ipong Muchlissoni menilai catatan wakil rakyat yang disampaikan saat paripurna kemarin mengenai penilaian SAKIP merupakan masukan yang positif. Pihaknya setuju jika SAKIP yang diraih bisa lebih baik lagi. Ipong optimistis. Sebab untuk urusan lain seperti pengelolaan keuangan, Ponorogo telah membuktikan diri menyabet predikat tertinggi (melalui predikat WTP). ‘’SAKIP ini sudah baik, tapi belum menggembirakan. Dan laporan kinerja ini penting,’’ ujarnya. Ipong bahkan memasang target tinggi untuk raihan SAKIP tahun ini. ‘’Dari B, harus bisa melompati BB dan memperoleh A,’’ imbuh Ipong. (naz/adv/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here