Pacitan

Waduh, E-Tiketing Pantai Klayar Bocor!

PACITAN – Penerapan sistem e-tiketing di Pantai Klayar, Donorojo, Pacitan, digadang-gadang mampu mendongkrak pendapatan. Sebab,  diyakini antibocor. Faktanya, kebocoran masih saja terjadi. ‘’Sistemnya yang harus disempurankan. E-tiketing harus pakai barcode,’’ ujar Kabid Pemasaran Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Pacitan Budi Hartoko, Minggu (14/4).

Hartoko menyebut loket e-tiketing di luar tempat parkir jadi biangnya. Pasalnya, para penggunjung yang masuk kerap tak terhitung pasti. Seharusnya penarikan karcis setelah pengunjung turun dari kendaraan. ‘’Selama hanya mempermudah pembelian karcis diganti e-tiket jadi sistemnya yang harus diubah,’’ jelasnya.

Rencananya, untuk menekan kebocoran bakal memasang barcode di masing-masing e-tiket. Sehingga, jumlah kendaraan masuk atau keluar terekam. Apalagi, kata dia, penerapan e-tiketing di tempat wisata memang belum maksimal. Lokasi kantong parkir dan minimnya peralatan masih jadi kendala.

Padahal dari sisi efiensi jauh lebih gampang ketimbang penarikan karcis secara manual. ‘’Untuk retribusi e-tiketing, paling bagus itu diterapkan di tempat wisata yang parkirnya di luar loket. Seperti Goa Gong, Donorojo atau Banyu Anget, Arjosari. Di dua lokasi tersebut pengunjung tercatat dengan pasti,’’ terangnya.

Selain di Pantai Klayar, e-tiketing di Pantai Watukarung, Pringkuku, pun bakal didongkrak. Di objek tersebut terdapat dua pintu masuk. Namun, satu di antaranya tanpa loket tiket. Sehingga, pengunjung bebas masuk tanpa membayar. ‘’Rencananya akan kami pasang dua tempat, karena pengunjung Watukarung sangat ramai,’’ ujarnya.

Untuk harga tiket masuk, Watukarung lebih murah ketimbang lokasi wisata lainnya. Sbab, saat ditetapkan tarifnya, belum seramai saat ini. Dilemanya, jika dinaikkan terbentur peraturan bupati yang telah disahkan. ‘’Nanti kami coba usulkan agar harga tiketnya sama dengan yang lain,’’ pungkas Hartoko. (gen/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close