Usul Penambahan Pintu Pendakian Lawu via Ngiliran

467

MAGETAN – Saat ini ada tiga pintu jalur pendakian menuju Puncak Lawu. Masing-masing Cemowo Sewu, Cemowo Kandang, dan Candi Cetho. Ada gagasan unik dari kepala Desa Ngiliran, Kecamatan Panekan, Magetan. Yakni, dibuka jalur pendakian baru di desanya. ’’Melalui jalur Bledang, Lawu sisi utara,’’ kata Karmo, kades Ngiliran, kepada Radar Magetan.

Idealnya Lawu yang memiliki ketinggian 3.265 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu memiliki empat jalur pendakian. Menurutnya, ada kelebihan dari rencana jalur baru itu. Yakni, lebih panjang dibanding tiga lainnya. ’’Jalur rintisannya ada, dan menuju ke puncak Lawu,’’ ujarnya.

Karmo mengaku sudah mengajukan ke Bupati Magetan Suprawoto. Dia berharap jalur pendakian baru itu dipopulerkan dan diresmikan. Memang, dalam pelaksanaannya membutuhkan banyak dukungan. Mulai ketersediaan pos dan faktor keamanan bagi para pendaki. ’’Masih dalam kajian pihak Perhutani juga,’’ tuturnya.

Kepala KRPH Gunung Lawu Ds Marwoto mengatakan, sampai saat ini pihaknya masih belum menerima proposal dari kades Ngiliran. Segala pemanfaatan di lahan Perhutani memang harus mendapatkan izin lebih dulu. ’’Kami belum dapat proposalnya. Kalau sudah ada, bisa melakukan kajian disetujui atau tidak permintaan dari warga Desa Ngiliran tersebut,’’ katanya.

Kasi kedaruratan dan Logistik BPBD Fery Yoga Saputra berharap penambahan pintu dan jalur yang diinginkan Pemdes Ngiliran bisa segera direalisasikan pemkab. Sebab, dari data registrasi beberapa tahun sebelumnya, pihaknya menemukan adanya bencana kebakaran yang sering menimpa kawasan Lawu dari titik tersebut. ’’Dengan dibukanya jalur tersebut bisa meringankan beban untuk penanganan cepat adanya kejadian serupa,’’ terangnya.

Di sisi lain, bagi para pendaki yang berada di sisi utara dimudahkan untuk akses pendakian yang biasanya banyak melewati jalur Cemoro Sewu atau Cemoro Kandang. Tidak hanya itu, manfaat adanya jalur baru itu nantinya bisa meningkatkan ekonomi warga sekitar untuk tumbuh lebih baik. Sehingga jalur lintas baru nantinya juga bisa berkembang. (mgc/c1/ota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here