Usir Nyamuk, Nyaris Panggang Kambing

163

PACITAN – Bagi Momeni, kambing adalah bagian dari harta kekayaannya. Tak heran jika dia sangat menjaganya. Bahkan, dari gigitan nyamuk sekali pun. Sayang, ketika dia berupaya mengusir nyamuk di kandang kambingnya, justru nyaris berbuah petaka. Pengasapan yang dibuat kakek 63 tahun itu berubah jadi bara api yang membakar kandang kambingnya.

Akibatnya, upaya warga Dusun Kutukan, Mendolo Kidul, Punung, Pacitan, itu sempat membuat geger warga setempat. Sebab, api menjalar dengan cepat. ‘’Rencananya buat ngusir nyamuk, karena warga desa mamang biasa ngusir nyamuk ternak pakai cara seperti itu (pengasapan, Red),’’ kata Suyanto, kabid Damkar Satpol PP Pacitan, kemarin (9/1).

Suyanto mengungkapkan, peristiwa itu bermula Selasa sore (8/1). Saat itu Momeni membuat asap dari tumpukan sampah basah dekat kandang kambingnya. Namun, perapian itu terlalu dekat dengan tumpukan daun kering di lokasi. Diduga, api merembet hingga membakar tumpukan dedaunan tersebut. Hingga Rabu (9/1) sekitar pukul 05.00 api membakar kandang. ‘’Untung ada warga yang melihat, jadi kambing Momeni berhasil diselamatkan,’’ ujarnya.

Lantaran dekat dengan rumah penduduk, warga sekitar mencoba memadamkan api dengan peralatan seadanya. Namun, lantaran api terlalu cepat membesar, mereka memutuskan memanggil petugas pemadam kebakaran (damkar).

Satu unit mobil damkar dibantu petugas polsek setempat terjun ke lokasi untuk memadamkan api. Beruntung, petugas berhasil mamadamkan amuk si jago merah tersebut. ‘’Saat kejadian, korban masih tertidur. Warga sekitar yang tahu langsung berteriak minta tolong,’’ ungkapnya sembari menaksir kerugian materiil sekitar Rp 5 juta.

Suyanto mengimbau warga lebih berhati-hati jika meninggalkan api menyala. Pasalnya, meski memasuki musim penghujan, kasus kebakaran masih mungkin terjadi. Pada awal tahun ini, setidaknya dua kali kejadian kebakaran di Pacitan. Meski menimbulkan kerugian materiil, namun tak ada korban jiwa. ‘’Alangkah baiknya kalau menyalakan api ditunggu, atau minimal dijauhkan dari potensi merembet,’’ pesannya. (mg6/c1/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here