Ngawi

Ursula Sekar Langit Taklukkan 20 Gunung Lebih di Pulau Jawa hingga Lombok

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Pesona gunung hingga asri alamnya sukses menggoda Ursula Sekar Langit. Bahkan, sejak usia 7 tahun, candu keindahan alam mulai ditularkan kedua orang tuanya yang memang hobi mendaki. Kini, sudah 20 gunung lebih di Pulau Jawa hingga Lombok sukses ditaklukkan perempuan 20 tahun itu.  ’’Tahun ini harusnya ke Gunung Kerinci, Sumatera, tapi nggak jadi karena ada kegiatan lain,’’ kata Lala, sapaan akrab Ursula Sekar.

Bagi Lala, mendaki gunung memiliki keasyikan tersendiri. Salah satunya saat menapaki Gunung Argopuro. Penat, lelah, hingga beratnya perjalanan terbayar dengan panorama dan keindahan alam. Bahkan, baginya panorama saat mendaki di gunung berapi dengan rute terpanjang itu jauh lebih indah ketimbang gunung-gunung berpredikat terindah. ’’Di sana kali pertama lihat banyak merak di hutan liar, dan ternyata merak bisa terbang lho,’’ ujar perempuan yang tengah menempuh sarjana manajemen Universitas Teknologi Yogyakarta itu.

Menjadi pendaki perempuan, persiapan matang kudu dia lakoni. Tak hanya persiapan fisik dan persediaan peralatan. Mental pun kudu digembleng sebelum muncak. Pasalnya, setiap gunung memiliki cerita dan pantangan tersendiri sebelum didaki. Tak terkecuali mistisnya. Pun, kode etik dan mematuhi peraturan budaya yang ada wajib dipahami. ’’Biasanya waktu registrasi, akan diberi aturan dan larangannya, dan itu harus diperhatikan dan dipatuhi,’’ jelasnya.

Background mahasiswa membuat Lala harus pandai-pandai curi waktu saat mendaki. Enggan mengganggu kuliahnya dan beberapa kegiatan organisasi yang diikuti. Biasanya, warga Dusun Sanan, Ngrayudan, Ngawi, ini memilih waktu libur semester untuk muncak.  ’’Ikut ngurusi wisata di desa juga soalnya, jadi harus pandai bagi waktu,’’ pungkasnya. (gen/c1/ota)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close