Magetan

Upaya Karang Taruna Artina Bangkitkan Semangat Belajar Anak Sekolah

Semangat untuk mencerdaskan anak usia sekolah digaungkan oleh Karang Taruna Aspirasi Remaja Tinap (Artina). Salah satunya lewat pendirian taman edukasi di Kelurahan Tinap. Tentu upaya itu patut diapresiasi, sekalipun usaha tersebut dirintis dengan dana serba terbatas.

==================

FATIHAH IBNU FIQRI, Magetan, Jawa Pos Radar Magetan

BERBAGAI jenis tanaman bunga tertanam di pot berbahan ban bekas di pojok dekat lapangan Kelurahan Tinap. Menariknya, pot itu dimodel dengan berbagai macam bentuk hewan. Seperti gajah, kura-kura, siput, kepiting, dan angsa. Di sisi lainnya, juga terdapat beberapa ban bekas yang dijadikan sebagai pagar. ‘’Kalau bahan dasar pot bunga itu menggunakan ban truk,’’ kata Ketua Karang Taruna Aspirasi Remaha Tinap (Artina) Ipung Joko Saputro.

Semua ornamen itu merupakan bagian dari taman edukasi yang dirintis oleh Artina. Pendirian taman tersebut sepenuhnya berasal dari dana swadaya yang telah dikumpulkan oleh pengurus karang taruna. Sedangkan, pihak kelurahan hanya diminta untuk menyumbang cat.

Karena dananya bergantung sumbangan tentu proses pengerjaannya dilakukan bertahap. Dan, biasa dikerjakan pada malam hari. ‘’Karena siangnya mayoritas pengurus karang taruna ada yang sekolah dan kerja,’’ ungkap Ipung.

Dibutuhkan waktu sekitar dua bulan untuk menggarap seluruh desain taman edukasi tersebut. Mulai dari tahap pemotongan ban hingga pewarnaannya. ‘’Ini kan juga untuk anak-anak,’’ ujarnya.

Ipung mengaku setiap sore taman edukasi Artina selalu ramai. Letaknya yang berada di dekat lapangan kelurahan menjadi nilai tambah. Sebab, banyak yang memanfaatkan taman edukasi itu sebagai tempat istirahat setelah berolahraga di lapangan. ‘’Lokasinya juga berada di dekat Taman Baca Tinap Ceria. Sehingga, sekalian mengundang siapa saja yang ingin baca, bisa main juga ke taman edukasi,’’ katanya.

Di taman baca tersebut, terdapat 300 judul buku. Semua itu bisa dinikmati oleh masyarakat umum. Bahkan, beberapa taman pendidikan kanak-kanak di wilayah Kecamatan Sukomoro diundang berkunjung ke taman tersebut untuk belajar literasi. Khususnya pada hari Rabu dan Sabtu. ‘’Untuk saat ini kami masih swadaya, kami kumpulkan dari warga,’’ imbuh Rini fatmawati, salah satu petugas Taman Baca Tinap Ceria. ****(her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close