UNKP Siswa Penyandang Tunagrahita dan Tunarungu

39

MAGETAN – Bila ujian nasional berbasis komputer (UNBK) jenjang SMA/SMK berlangsung tenang, lain halnya dengan SLB Panca Bhakti Magetan. Guru pendamping ujian harus membacakan soal pertanyaan untuk lima siswa berkebutuhan khusus sekolah itu. Langkah tersebut perlu dilakukan lantaran mereka kesulitan menangkap maksud dari butir demi butir soal yang diujikan. ‘’Anak-anak sebenarnya bisa membaca, tapi tidak memahami apa yang dibaca,’’ kata Kepala SLB Panca Bhakti Magetan Imroatus Sholihah kemarin (2/4).

Lima siswa yang mengerjakan soal matematika dalam ujian nasional berbasis kertas dan pensil (UNKP) kemarin merupakan penyandang tunagrahita dan tunarungu. Penderita disabilitas itu ditempatkan terpisah. Masing-masing dua siswa tunagrahita kategori C-1 (ringan) dan C (sedang) berada dalam satu ruangan. Perbedaan kategori untuk anak terbelakang mental itu memengaruhi jumlah jawaban pilihan ganda. Bila kategori sedang ada tiga opsi yakni A, B, dan C, ringan hanya A dan B. Banyaknya pilihan membuat mereka kebingungan. ‘’Tunagrahita C lebih bisa memahami pertanyaan meski terkadang juga harus dibantu dibacakan,’’ ujarnya kepada Radar Magetan.

Guru pendamping dengan sabar membacakan 30 pertanyaan yang terdiri 25 pilihan ganda dan sisanya esai. Pembacaan soal itu tidak sekaligus untuk semua siswa. Terkadang harus satu-persatu agar benar-benar memahami. Perlakuan serupa diberikan untuk siswa tunarungu yang ujian sendirian di ruang lain. Sebab gangguan pendengaran yang diderita membuat perbendaharaan kata menjadi terbatas. ‘’Kami hanya memperjelas karena seringnya terbolak-balik,’’ katanya sembari menyebut kemampuan otak penyandang tunagrahita tidak bisa diforsir keras.

Imroatus mengklaim pelaksanaan ujian anak berkebutuhan khusus (ABK) semakin baik  dari tahun ke tahun. Tidak pernah ada kendala hingga siswa bisa menyelesaikan soal tepat waktu. Hasilnya pun memuaskan karena lulus 100 persen. ‘’Harus diapresiasi. Kemauan mereka untuk tetap belajar itu luar biasa,’’ tandasnya. (bel/cor)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here