Ngawi

Produk Mebel Wondo Tembus Korea dan Turki

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Wondo tak henti berinovasi. Dari bisnis mebel perabotan rumah tangga, perajin asal Sidowayah, Jengkrik, Ngawi, ini merambah kayu jati hias. Loncatan inovasi itu telah dilakoni sejak 2009. Pengalaman bertukang bertahun-tahun sukses mengantarnya menjadi perajin ornamen ruangan andal. ‘’Mulai hiasan seperti bunga, kepala tengkorak, daun-daun, sampai pigura dari kayu jati,’’ katanya.

Semua itu diawali dengan membuat meja dan kursi dari limbah kayu jati. Di awal, sempat gagal berkali-kali. Terlebih saat membuat meja dari susunan batang kayu yang dipotong kecil-kecil. ‘’Kesulitannya saat meratakannya. Karena harus sama dan halus semuanya,’’ terang Wondo.

Kini, Wondo patut berbangga. Dibantu karyawannya, saban bulan puluhan model hiasan kayu berhasil dibuatnya. Sampai menembus pasar Korea dan Turki. Paling laris, hiasan bunga dan pigura. Disusul perlengkapan ruang tamu seperti meja kursi yang unik. ‘’Kalau meja kursi mebel biasa kan sudah pasaran, ini dicampur seni jadi lebih menarik bagi tamu yang datang,’’ paparnya.

Wondo pun melempar harga mulai puluhan ribu hingga jutaan. Dalam sebulan, puluhan juta berhasil dikantonginya. Menjajakan dan berkerajinan di tepi jalan provinsi pun cukup mengundang perhatian. Para pengguna jalan banyak yang penasaran dan mendatangi lapaknya. ‘’Kadang ada yang beli langsung, tapi karena gak muat akhirnya dikirim,’’ terang Wondo. (gen/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close