Universitas PGRI Madiun Gelar Diklat 443 Kepsek

741

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Universitas PGRI Madiun dipercaya Kemendikbud untuk menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan (diklat) bagi 443 kepala sekolah (kepsek). Mereka berasal dari PAUD, SD, SMP hingga SMA di Kabupaten Madiun. ‘’Kami bekerjasama dengan PPPPTK BOE Malang yang merupakan instansi dibawah Kemendikbud,’’ ujar Rektor Universitas PGRI Madiun Parji Senin (30/9).

Kegiatan itu dilaksanakan mengacu pada Permendikbud 6/2018. Isinya mewajibkan setiap dan calon kepsek mengikuti pelatihan. Diklat tersebut dibagi menjadi tiga angkatan. Angkatan pertama dilaksanakan pada 30 September–7 Oktober yang diikuti 147 peserta. Angkatan ke dua digelar pada 10–17 Oktober dan diikuti sebanyak 148 peserta. Lalu, diklat angkatan ketiga dilaksanakan 21–28 yang diikuti 148 peserta.

Pada diklat angkatan pertama kemarin, menghadirkan narasumber dari Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) Solo serta Kepala Dikbud Kabupaten Madiun. ‘’Tujuannya untuk menguatkan kompetensi kepsek pada ranah manajerial, kewirausahaan, supervisi, kepemimpinan serta penguatan pendidikan karakter dan pengembangan sekolah,’’ jelas Parji.

Adapun materi yang diberikan berupa pretest, post test, materi umum, pokok dan penunjang. Para kepsek itu selanjutnya akan diajar oleh lima dosen dari Universitas PGRI Madiun, enam pengawas dari Dikbud Kabupaten Madiun, serta dua pengawas dari Cabdindik Jatim. Parji berharap kegiatan itu dapat dimaknai sebagai ajang silaturahmi, tukar pendapat dan pengalaman. Sehingga ilmu yang didapat bisa ditularkan. ‘’Dengan demikian regenerasi pemimpin bisa berjalan dengan baik,’’ ungkapnya.

Sekretaris Lembaga Penyelenggara Diklat Penguatan Kepala Sekolah Asri Musandi Waraulia mengharapkan, kegiatan itu dapat meningkatkan wawasan kepsek di Kabupaten Madiun. Sehingga mereka makin menguasai pengelolaan sekolah. ‘’Dengan kegiatan ini, diharapkan kualitas kepala sekolah dapat meningkat sehingga dapat diterapkan dimasing-masing sekolah,’’ tandasnya. (afi/her/adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here