Unipma Jalin Kerja Sama Tiga Universitas Terkemuka di India

599

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Universitas PGRI Madiun (Unipma) go international. Kampus ini baru saja memperluas jaringan kerja sama internasional dengan tiga perguruan tinggi ternama di India. Yakni, Sharda University, Delhi Technological University, dan SRM University. ‘’Mempersiapkan mahasiswa dan alumni dapat bersaing di tingkat internasional,’’ kata Rektor Unipma Parji.

Kerja sama itu terjalin dalam kunjungan perwakilan Unipma ke India 23-29 September lalu. Pemilihan tiga perguruan tinggi itu pun atas pertimbangan matang. Sharda University merupakan perguruan tinggi yang berkembang pesat sepuluh tahun terakhir. Unipma menggandeng fakultas ekonomi dan bisnis di universitas terkemuka itu. ‘’Tanggal 24 September kami tanda tangani kesepakatan. Fokus kami pada fakultas itu,’’ ujarnya.

Sementara Delhi Technological University merupakan perguruan tinggi negeri yang telah menggaung di seantero India. Unipma mendorong kerja sama dengan fakultas teknik di kampus tersebut. ‘’Sedangkan SRM University merupakan perguruan tinggi swasta yang berhasil menjalin kerja sama dengan perusahaan I-Mac dan IBM,’’ ungkapnya.

Ada dua kesepakatan kerja sama yang terjalin dengan tiga perguruan tinggi tersebut. Pertama, pertukaran mahasiswa. Program jangka menengahnya berupa kredit transfer atau kreadit learning. ‘’Mahasiswa Unipma kami kirim ke sana dan sebaliknya. Kami lihat dulu program studi yang sesuai,’’ sambung Parji.

Jangka panjangnya berupa joint degree dan dual degree. Sehingga mahasiswa mendapatkan dua gelar dan dua ijazah dari masing-masing perguruan tinggi. Tentunya untuk jangka panjang ini membutuhkan proses yang cukup panjang. ‘’Misal mahasiswa Unipma dikirim ke SRM University, maka akan mendapat dua gelar dari dua perguruan tinggi itu,’’ jelasnya.

Kerja sama kedua yakni pertukaran dosen. Meliputi pertukaran dosen untuk mengisi kuliah umum, penelitian bersama, joint conference, dan penulisan artikel ilmiah bersama. Hal itu penting untuk meningkatkan kualitas dosen. ‘’Sebagai bekal menyiapkan SDM unggul menghadapi era industri 4.0 dan era disrupsi,’’ imbuh Parji.

Jalinan ini melengkapi total 22 kerja sama di tingkat internasional. Pada tahap pertama, Unipma menjalin kerja sama dengan enam universitas di China pada 2017 lalu. Tahap kedua, Unipma menjalin kerja sama dengan negara-negara yang tergabung dalam Southeast Asia Ministers of Education Organization (SEAMEO). ‘’Serta kerja sama dengan University of Vienna Austria. Tahap ketiga di India ini,’’ ujarnya.

Seluruh kerja sama ini wujud konsistensi Unipma dalam menciptakan sistem pendidikan yang berkualitas. Melalui kerja sama itu pula, mahasiswa dan dosen dapat merasakan pengalaman belajar di universitas terkemuka tingkat internasional. ‘’Agar siap bersaing di tingkat global,’’ ucapnya. (kid/c1/fin/adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here