Unipma Berdayakan Anggota PKK Desa Cileng lewat Pembuatan Tas Daur Ulang Plastik

67

MAGETAN – Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang wajib dilaksanakan oleh seorang dosen dan mahasiswa. Itu pula yang dilakukan tim pengabdian masyarakat dosen Universitas PGRI Madiun (Unipma) di Desa Cileng, Poncol, Magetan, Kamis (15/8).

Kegiatan pengabdian masyarakat  bekerja sama dengan Lembaga penelitian dan Pengabdian Masyarakt (LPPM) Unipma itu mengambil tema Pemberdayaan Kelompok PKK Desa Cileng, Poncol, melalui Kegiatan Daur Ulang Sampah Botol Minuman (Kadar Saboma).

‘’Melalui kegiatan ini ibu-ibu PKK Desa Cileng diberi penyuluhan dan pelatihan pembuatan kerajinan tas dari botol minuman sebagai upaya menciptakan lapangan kerja baru,’’ ujar Ketua Tim Pengabdian Masyarakat UNIPMA di Desa Cileng, Heidy Paramitha Devi.

Devi menambahkan, program kerajinan tas dari daur ulang botol minuman itu dipilih karena tidak memerlukan modal yang besar. Untuk satu tas hanya butuh modal sekitar Rp 20 ribu. Sedangkan nilai jualnya bisa mencapai Rp 75 ribu samapi Rp 80 ribu per buah.

“Kami sulap bibir botol minuman plastik yang dulunya hanya sampah menjadi kerajinan tas dengan nilai ekonomi tinggi,’’ tambahnya.

Devi menuturkan, ke depan bila program itu benar-benar duseriusi ibu-ibu PKK Desa Cileng dan jajarannya, pihaknya bersedia menjadi rekanan dalam hal pemasaran sekaligus menjadikan Cileng sebagai desa binaan.

“Kalau ada respons yang baik akan kami bina sampai mahir dan bisa menjadi produk unggulan desa,’’ ujarnya.

Ketua PKK Desa Cileng Sukarsi sangat mengapresiasi kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh Unipma. Menurutnya, kegiatan pelatihan pembuatan tas dari daur ulang botol minuman itu bisa mengurai masalah pengangguran di desanya. Juga dapat mengurangi sampah plastik yang ada di lingkungan sekitar warga.

‘’Nanti program ini akan ku teruskan ke anggota karang taruna desa sehingga mereka mempunyai keterampilan dan pemasukan tambahan,’’ jelasnya. (ebo/isd/adv) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here