Undangan Sudah Tersebar, Penetapan Caleg Terpilih Ditunda Lagi

63

MADIUN – Penetapan caleg terpilih hasil pemilu 2019 terus mengalami penundaan. Dari sebelumnya pada 4 Juli, lalu mundur tanggal 5 Juli, hingga kemudian ditunda sampai terbitnya register perkara konstitusi oleh MK.

Sejak itu proses penetapan caleg berjalan abu-abu. Titik terang baru terjadi setelah KPU Kota Madiun menerima SE dari KPU RI nomor 1027 terkait penetapan perolehan kursi dan penetapan calon terpilih hasil pemilu 2019 pada tanggal 17 juli lalu.

Tak berselang lama sejak SE itu keluar, KPU Kota Madiun langsung mengedarkan undangan ke parpol. Dalam undangan itu tertulis bahwa jadwal penetapan caleg terpilih bakal dilakukan hari ini (20/7). Namun, keputusan itu tiba-tiba dianulir oleh KPU Kota Madiun.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Bawaslu Kota Madiun Kokok Heru Purwoko menyesalkan keputuasan yang diambil oleh pihak KPU Kota Madiun. Dia menilai ada ketidakcermatan saat berkoordinasi dengan KPU Jatim dan KPU RI. Dampaknya para caleg terpilih resah karena nasib mereka digantung. “Undangan juga sudah tersebar. Seharusnya KPU Kota Madiun cermat, kalau sudah ada kepastian baru membuat informasi ke parpol terkait penetapan caleg terpilih,” terangnya.

Seperti diketahui, berdasarkan SE KPU RI tersebut, KPUD mempunyai waktu sekitar lima hari sejak buku register perkara konstitusi (BRPK) terbit. Sebelumnya KPU RI sudah menerima surat dari MK terkait permintaan data BRPK itu pada 16 Juli lalu. Baru kemudian KPU RI mengeluarkan surat edaran ke KPUD dan KPU provinsi. (her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here