UNBK Paksa Siswa TK Libur

58

MAGETAN – Aktivitas belajar mengajar siswa TK PSM II Magetan ditiadakan kemarin (1/4). Pasalnya, tempat yang biasa mereka pakai sekolah dimanfaatkan oleh pihak SMA Panca Bhakti untuk menggelar ujian nasional berbasis komputer (UNBK). ‘’Sebelumya, sudah kami komunikasikan dengan pihak TK. Mereka mendukung pelaksanaan UNBK,’’ kata Kepala SMA Panca Bhakti Hery Subagyo.

Dia mengungkapkan TK PMS II Magetan dan SMA Panca Bahkati memang berada dalam satu halaman. Kondisi itu sudah berlangsung sejak 2012. Karena itu setiap pelaksanaan ujian berlangsung, siswa TK terpaksa diliburkan. ‘’Sudah izin ke yayasan yang menaungi TK PSM II Magetan, sehingga tidak masalah. Karena UNBK memang harus steril, tidak boleh ada ribut-ribut,’’ ungkap Hery.

Menurutnya, siswa TK libur pada saat UNBK berlangsung. Setelah itu siswa diperkenankan kembali masuk sekolah. Sebelumnya, sempat ada pertimbangan siswa SMA Panca Bhakti menggelar UNBK pada sesi kedua dan ketiga. Kebijakan itu untuk mengakomodir agar siswa TK PSM II Magetan bisa tetap sekolah. ‘’Tapi, anak-anak tidak mau masuk sore. Jadi TK yang mengalah,’’ katanya.

Selain itu, lanjut Hery, faktor lainnya adalah jumlah peserta UNBK dari SMA Panca Bhakti terbatas. Hanya ada 21 siswa. Karena itu ujian hanya digelar satu sesi. Hery menilai tidak efektif apabila ujian digelar dalam dua sesi akhir. Apalagi, pelaksanaan ujian memanfaatkan laboratorium komputer. Namun, dia menyatakan pelaksanaan UNBK di tempatnya pada hari pertama kemarin berjalan lancar. ‘’Kami punya dua server, satu untuk cadangan,’’ ujarnya.

Terkait kekurangan client, Hery mengaku itu masih bisa ditanggulangi. Seperti dengan meminjam lima laptop milik guru. Perinciannya, tiga unit laptop dipakai untuk keperluan ujian, sedangkan dua laptop lainnya sebagai cadangan. Kebijakan tersebut terpaksa diterapkan karena pihak sekolah belum mampu mengadakan komputer baru. ‘’Solusinya pinjam laptop guru yang bersedia,’’ katanya. (bel/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here