AdvertorialMadiun

Tyo Daftarkan Keluarganya Jadi Peserta JKN-KIS

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Jaminan kesehatan berarti penting bagi Dwi Prasetyo. Staf seksi pidana umum di Kejaksaan Negeri (Kejari) Magetan itu bahkan telah tercatat sebagai peserta JKN-KIS segmen pekerja penerima upah (PPU). Termasuk istri dan anaknya. ‘’Mereka menjadi tanggungan saya,’’ kata Tyo.

Selama ini, lanjut dia, istrinya dikenai pemotongan penghasilan dari tempatnya bekerja untuk pembayaran iuran JKN-KIS setiap bulan. Kebijakan itu sesuai dengan Perpres 82/2018 tentang jaminan kesehatan pada pasal 14 (1). ‘’Artinya baik saya maupun istri sama-sama membayar iuran setiap bulannya dari penghasilan yang kami dapatkan,’’ terangnya.

Kendati demikian, Tyo tidak mempersoalkan hal tersebut. Bahkan, dia juga mendaftarkan saudaranya menjadi peserta JKN-KIS. Yang penting, bagi Tyo, dirinya sekeluarga telah mendapatkan jaminan kesehatan. ‘’Kapan pun dan di mana pun kami berada, kesehatan kami sudah ada yang menjamin,’’ ujarnya.

Menurut dia, semua itu dilakukan sebagai bentuk perhatiannya sebagai kepala keluarga dan tanggung jawab kepada saudara. Apalagi, hal tersebut berkaitan dengan urusan kesehatan. Sekalipun rutin membayar iuran, namun Tyo mengaku belum pernah menggunakan jaminan kesehatan tersebut untuk berobat.

Sebaliknya, dia berusaha untuk tetap menjaga pola hidup sehat supaya dapat menjalankan aktivitas kesehariannya. Bahkan, Tyo mengaku tidak pernah menghitung berapa besar jumlah iuran yang dikeluarkan untuk membayar premi keluarganya.

‘’Kalau dihitung sebanyak apa pun iurannya tidak akan sebanding dengan manfaat yang diperoleh menjadi peserta JKN-KIS. Memang semua ini saya niatkan untuk membantu sesama dalam meperoleh jaminan kesehatan. Di mulai dari lingkungan keluarga,’’ terang Tyo. (afi/her/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?php /** * The template for displaying the footer * */ defined( 'ABSPATH' ) || exit; // Exit if accessed directly do_action( 'TieLabs/after_main_content' ); TIELABS_HELPER::get_template_part( 'templates/footer' ); ?>
Close
               
         
close