Pembahasan Tatib DPRD Ngawi 2019-2024 Tuntas

883
TUNGGU DILANTIK: Para pimpinan DPRD Ngawi baru foto bareng usai diumumkan dalam rapat paripurna.

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Selesai sudah tahapan demi tahapan penyusunan tata tertib (tatib) DPRD periode 2019-2024. Pun, semua anggota sepakat menggunakan tatib hasil konsultasi dengan tim ahli dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo. ‘’Sudah selesai di tingkat pansus,’’ kata Ketua Panitia Khusus (Pansus) Tatib DPRD Ngawi Yuwono Kartiko Senin (16/9).

King -sapaan Yuwono Kartiko- mengungkapkan, secara umum tatib yang bakal digunakan DPRD selama lima tahun ke depan hampir sama dengan sebelumnya. Hanya ada beberapa perbedaan menyangkut esensi dari pasal-pasal yang berkaitan dengan tugas komisi.

Dia menyebut, dengan tatib baru tersebut kelak tugas masing-masing komisi lebih jelas. Terutama terkait kemitraan dengan organisasi perangkat daerah (OPD). Satu komisi menangani satu dinas tertentu. Mulai perencanaan hingga evaluasi menjadi kewenangan komisi tersebut meski ada sebagian pekerjaan yang berkaitan dengan komisi lain.

‘’Yang menangani pendidikan, misalnya, tidak hanya mengawal pendidikannya tapi juga pembangunan sarana dan prasarana yang berkaitan dengan OPD tersebut,’’ papar King.

Pembagian mitra kerja komisi secara umum juga masih sama dengan periode sebelumnya meski ada beberapa OPD yang sengaja dipindahkan ke komisi lain. Dengan mempertimbangkan asas pemerataan, keadilan, keseimbangan, dan keterkaitan. ‘’Sesuai perda, OPD itu kan punya bobot beban kerja berbeda. Dari situ kami bagi tugas komisi secara adil dan seimbang,’’ tegasnya.

Pansus, lanjut King, juga berupaya mengantisipasi adanya doubling pekerjaan atau overlap. Semua komisi harus jelas dengan siapa bermitra. Jika bukan termasuk kemitraannya, tidak bisa ikut campur karena sudah ada komisi lain yang menangani. ‘’Kalau pembentukan AKD (alat kelengkapan dewan, Red) kami masih menunggu pimpinan definitif dulu,’’ jelasnya.

Sementara itu, di ruang rapat paripurna gedung DPRD Ngawi kemarin sudah digelar rapat paripurna dengan agenda pembacaan pengumuman para calon pimpinan DPRD. Posisinya tidak berubah dari sebelumnya. Yakni, Dwi Rianto Jatmiko sebagai ketua. Sedangkan tiga wakilnya adalah Sarjono dari Partai Golkar, Khoirul Anam Mu’min (PKB), dan Suntoro (Partai Gerindra). (tif/c1/isd/adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here