Magetan

Tunggu Registrasi BPCB, Sendang Kamal Direstorasi

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Di Magetan ada 173 cagar budaya yang terdaftar di Balai Pelestari Cagar Budaya (BPCB) Trowulan. Namun, hanya satu yang sering digunakan menggelar event kebudayaan. ‘’Hanya Simbatan,’’ kata Kasi Pelestarian Cagar Budaya dan Sejarah Lokal Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Magetan Iswahjudi Rabu (9/9).

Menurut dia, lokasinya memang cocok untuk menggelar event kebudayaan. Selain areanya luas, juga bernilai sejarah tinggi. Di Simbatan, tahun lalu digelar kirab budaya dan seremonial Pemandian Dewi Sri. ‘’Rencananya akan digelar tahunan, setiap Jumat Pahing, Muharam. Tapi tahun ini ditiadakan,’’ ujarnya.

Sementara satu lagi, Sendang Kamal, dijadwalkan juga bakal ada event kebudayaan akhir tahun ini. Meski belum masuk cagar budaya, Sendang Kamal sudah diregistrasikan. Tinggal menunggu pengesahan BPCB Trowulan. ‘’Sementara kami lakukan peninjauan, karena untuk event belum memungkinkan. Perlu restorasi dulu,’’ jelasnya.

Struktur cagar budaya di Kelurahan Kraton, Maospati, itu masih terus dipantau untuk wisata sejarah. Sedangkan rencana restorasi lantaran kawasan tersebut ditengarai pemandian Keraton Maospati. ‘’Potensi untuk membangun wisata sejarah sudah ada,’’ ungkapnya.

Secara bertahap  Sendang Kamal akan segera dibangun dan dihidupkan kembali. Itu  sesuai catatan  BPCB, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sehingga pihak Kelurahan Kraton akan terus berkoordinasi dengan BPCB melalui Disparbud Magetan. ‘’Ini kebetulan masuk program kelurahan,’’ sebutnya. (fat/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close