Tunda Cetak E-KTP WNA sampai Pemilu Rampung

81

MADIUN – Moratorium penundaan pencetakan KTP elektronik (e-KTP) bagi warga negara asing (WNA) resmi diberlakukan. Penundaan itu berlaku mulai Maret–November 2019. Kebijakan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) itu ditujukan menjaga kondusivitas Pemilu 2019. ’’Sudah ada surat edaran (SE) dari Kemendagri,’’ kata Supriyono, kabid Pelayanan dan Pendaftaran Penduduk Dispendukcapil Kota Madiun.

Dasar diterbitkannya SE tersebut lantaran didapatinya WNA yang masuk daftar pemilih tetap (DPT) pemilu. Kondisi itu sempat ditindaklanjuti oleh Bawaslu Kota Madiun dengan melakukan kroscek data ke kantor dispendukcapil beberapa waktu lalu.

Dari situ didapati ada 35 WNA yang sudah memiliki e-KTP. Di mana tiga WNA di antaranya masuk dalam DPT Pemilu 2019. Sebelum kemudian Bawaslu merekomendasikan kepada KPU Kota Madiun untuk mencoret mereka dari daftar pemilih.

Menurut Supriyono, banyak masyarakat yang belum memahami aturan kepemilikan e-KTP bagi WNA. Dampaknya terjadi kesimpangsiuran informasi. Apalagi polemik muncul di tengah pemilu. ’’Perlu kami beri sosialisasi bahwa pencetakan e-KTP WNA itu sudah diatur dalam UU 24/2013. Tapi, supaya situasi bisa kondusif akhirnya dilakukan penundaan pencetakan e-KTP hingga tahapan Pemilu 2019 selesai,’’ ujar alumnus Universitas Jember (Unej) itu.

Terpisah, Kepala Dispendukcapil Kota Madiun Nono Djatikusumo telah menginstruksikan kepada jajarannya untuk menunda pencetakan e-KTP bagi WNA. Kebijakan itu berlaku setelah pihaknya menerima surat edaran dari Kemendagri. ’’Saat ini, aplikasi dari Kemendagri untuk pencetakan e-KTP WNA sudah dinonaktifkan,’’ katanya.

Kendati demikian, Nono mengatakan WNA yang sudah mengajukan proses izin tinggal sementara (ITAS) maupun izin tinggal tetap (ITAP) tetap dilakukan perekaman. ’’Kalau soal itu tetap jalan, karena memang tidak terkait dengan pemilu. Tapi, untuk pencetakannya (e-KTP, Red) ditunda hingga Pemilu 2019 berakhir,’’ ujarnya. (mgd/her/c1/ota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here