Laka LantasMejayanPeristiwa

Truk Tronton Bermuatan Tabung Gas Terguling di Mejayan

CARUBAN – Arus lalu lintas di Jalan Raya Madiun-Surabaya tersendat hampir 10 jam, Rabu (17/7). Penyebabnya truk tronton bermuatan tabung CNG (compressed natural gas) terguling di ruas Desa/Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun. Sebab, Si Komo –sebutan truk tronton– yang celaka pada pukul 04.30 itu baru dievakuasi sekitar pukul 14.20.

Bodi truk tersebut menutup sebagian badan jalan. Akibatnya arus lalu lintas dari arah Surabaya menuju Madiun tersendat. ‘’Karena badan jalan tinggal separo. Sementara arus lalu lintas cukup padat pada jam-jam sibuk,’’ kata Kanitlaka Satlantas Polres Madiun Iptu Nanang Cahyono kemarin.

Nanang menyebut bahwa evakuasi harus menggunakan crane. Pihaknya sempat memberlakukan contraflow. Itu dinilai tepat mengingat dimensi kendaraan yang cukup besar. ‘’Kendaraannya besar, crane-nya juga besar. Butuh ruang yang lebih dan akan berbahaya jika kendaraan lain tidak dialihkan ke jalur sebelah,’’ ujarnya.

Truk tracktor head nopol L 9070 UO itu dikemudikan Hari Nurdi, warga Karang Tengah, Sragen, Jawa Tengah. Beruntung Hari hanya mengalami luka babras. Pun tidak melibatkan kendaran lain dalam kecelakaan tersebut. Truk mengalami kerusakan di beberapa bagian. Terutama bagian samping. ‘’Karena menumbur aspal, dan bagian depan agak penyok,’’ jelasnya.

Kejadian itu bermula ketika truk berjalan dari timur ke barat. Sampai di tempat kejadian perkara (TKP), pengemudi kehilangan konsentrasi. Sehingga, truk oleng ke kanan. Kemudian sopir membanting setir ke kiri setelah kendaraan menumbur median jalan. Bahkan mengakibatkan rambu lalu lintas ambruk dan terlepas. ‘’Truknya hilang kendali hingga akhirnya terguling,’’ ungkapnya.

Sejak kejadian hingga pukul 14.20, petugas kepolisian harus mengatur arus lalu lintas sembari menunggu truk crane untuk mengevakuasi. Setelah berhasil dievakuasi, truk nahas itu diamankan polisi. ‘’TKP juga langsung dibersihkan,’’ pungkasnya. (fat/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close