Truk Terguling, Ribuan Genting Berhamburan

158

PONOROGO  – Niat Jiono, 36, warga Dusun Krajan,  Desa Banjarejo,  Pudak, mengantar ribuan genting ke Desa Pudak Wetan gagal di tengah jalan. Itu terjadi setelah truk yang dikemudikannya terguling di tanjakan jurang Uluh di perbatasan Kecamatan Pudak-Pulung.

Meski tidak sampai menelan korban jiwa, insiden itu menyebabkan muatan ribuan genting tumpah ruah ke jalanan.  Pun selain memacetkan arus lalu lintas, proses evakuasi truk nahas itu makan waktu lama lantaran medan jalan yang sulit.  ‘’Karena TKP (tempat kejadian perkara, Red)-nya di kawasan pegunungan,’’ kata Kapolsek Pudak Iptu Nanang Budianto, Selasa (12/6).

Truk baru dapat dievakuasi dalam waktu tiga jam. Petugas dibantu warga kemudian menyingkirkan genting yang berserakan di jalan hingga arus lalu lintas kembali normal. ‘’Genting sebanyak itu di jalan membahayakan kendaraan yang melintas,’’ ujar Nanang.

Kecelakaan lalu lintas (laka lantas) tunggal itu bermula saat Jiono melaju dari arah Solo dengan truk nopol AE 8457 SH, Senin (11/6). Sedianya pria itu hendak mengantar sekitar 5 ribu genting pesanan warga Desa Pudak Wetan. Nah, menjelang TKP sekitar pukul 16.30 mendadak as roda sisi kanan truk patah.

Akibatnya, truk langsung mundur tidak terkendali. Beruntung tidak ada kendaraan yang melintas di belakangnya. Jiono yang panik tak mampu mengendalikan laju kendaraannya hingga terguling ke badan jalan. Beruntung, Jiono hanya mengalami luka ringan. ‘’Selama perjalanan dari Solo tidak mengalami masalah,’’  terang Nanang.

Atas kejadian itu, Nanag mengimbau para pengemudi rutin mengecek mesin kendaraan. Terutama saat hendak menempuh perjalanan jauh. ‘’Sebelum berangkat lakukan periksa mesin. Pastikan kendaraan dalam keadaan prima,’’  tandasnya. (mg7/c1/isd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here