TPS 10 Desa Klorogan Menarik Perhatian

194

MADIUN – Bukan tanpa sebab rumah Ugik Asrufianto di Desa Klorogan, Geger, dipilih sebagai salah satu tempat pemungutan suara (TPS) Pemilu 2019. Selain halamannya luas, area persawahan tepat di sebelah timur TPS nomor 10 itu menjadi objek pemandangan menarik.

Tata lokasi tersebut menginspirasi kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) TPS setempat menyulap halaman seluas 10×8 meter itu menyerupai kafe lesehan. ‘’Dinamakan TPS kafe mewah, singkatan mepet sawah,’’ kata Ugik yang juga ketua KPPS kemarin (17/4).

Kepala reyog dan ucapan selamat datang berbahan kayu ditempatkan di bagian depan masuk TPS. Sesuai konsep lesehan, petugas KPPS yang mengenakan pakaian lurik khas Jogjakarta itu duduk di tikar. Ruang terbuka tersebut didesain khusus dengan pembatas pagar kayu berbentuk panah. Sementara, meja yang digunakan berukuran pendek dibandingkan meja TPS pada umumnya.

Balok kayu juga digunakan untuk penanda urutan petugas yang diletakkan di meja. Warga yang menukar surat undangan dengan lima jenis surat suara pun harus duduk lesehan sembari melihat pemandangan sawah dan kolam lele kecil milik Ugik.

Ugik mengungkapkan, rumahnya merupakan TPS tambahan. Pun, untuk kali pertama digunakan sebagai tempat coblosan. Menarik minat pemilih milenial untuk mencoblos disebutnya alasan kediamannya disulap menjadi TPS unik. ‘’Sampai pukul 11.00 (kemarin, Red) ada 167 yang menggunakan hak suaranya dari total 228 pemilih,’’ ujarnya.

Selain TPS kafe mewah, TPS 08 desa setempat juga berbeda dibandingkan lainnya. Meski tidak didesain mencolok, petugasnya kompak mengenakan pakaian lurik. Mulai petugas KPPS hingga saksi-saksi. ‘’Ini semua tergantung kreativitas panitia,’’ ujar Kades Klorogan Juprianto.

Juprianto menuturkan, tampilan TPS yang unik diharapkan bisa mengikis angka golput. Terutama di kalangan pemilih pemula. Konsep tersebut sudah mulai dijalankan sejumlah TPS pada pemilu sebelumnya dengan tema kesenian reyog. ‘’Warga di sini sangat antusias,’’ katanya. (cor/isd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here