NgawiPolitik

Toni Daftar Bacawabup NasDem

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Dinamika politik di Ngawi menjelang pilkada mulai menghangat. Sejumlah figur nonpartai mulai muncul dan siap bersaing dalam kontestasi politik lima tahunan tersebut. Selasa (22/10), mantan Ketua KPU Ngawi Syamsul Wathoni mendaftarkan diri dalam proses penjaringan bakal calon bupati dan bakal wakil bupati (bacabup-bacawabup) yang digelar Partai NasDem.

Langkah Toni -sapaan akrab Syamsul Wathoni- itu menyusul beberapa tokoh parpol maupun nonparpol yang sebelumnya juga mengikuti proses penjaringan di partai tersebut. Yakni, Ony Anwar Harsono dan Dwi Rianto Jatmiko serta mantan Kepala Desa Klitik, Geneng, Jumirin.

Toni mengaku sangat serius dengan niatnya bersaing di Pilkada 2020. Pun, dia mengklaim memiliki jaringan dan popularitas sebagai modal utama ikut bersaing dalam kontestasi politik tersebut. ‘’Prosesnya kan masih lama. Ini baru sebatas penjaringan di partai,’’ ujar Toni.

Ya, sebelum bersaing menjadi calon pemimpin Ngawi, Toni terlebih dulu harus mengantongi rekomendasi dari parpol yang menjadi kendaraannya dalam pilkada. ‘’Urusan direkomendasi atau tidak itu nomor dua, yang penting sekarang sudah memasukkan (berkas pendaftaran),’’ katanya.

Kalaupun rekomendasi dari Partai NasDem kelak jatuh kepadanya, Toni harus mencari rekan koalisi dari parpol lain untuk memenuhi syarat dukungan 20 persen kursi. ‘’Kami sudah komunikasi juga dengan beberapa parpol lain. Terutama yang sampai saat ini masih belum menentukan calonnya seperti Partai Gerindra, PKB, dan PKS. Mereka sudah siap membuka penjaringan juga,’’ sebut Toni.

Toni kemarin mendaftar di NasDem sebagai bacawabup. Menurutnya, posisi itu sudah sesuai dengan kemampuannya. Lantas, siapa yang bakal jadi bacabupnya jika kelak direkomendasi parpol? ‘’Kami serahkan sepenuhnya kepada parpol atau koalisi,’’ tuturnya sembari menyebut tidak menutup kemungkinan dirinya bakal dipasangkan dengan bacabup lain yang terlebih dahulu mendaftar.

Ketua DPD NasDem Ngawi Hari Cahyono menegaskan bahwa partainya membuka diri bagi siapa pun yang berniat mendaftar sebagai kandidat cabup dan cawabup. Baik tokoh parpol maupun publik biasa. ‘’Kita tunggu saja. Kemungkinan bulan depan sudah keluar rekomendasinya,’’ kata Hari. (tif/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close