Tokoh Baru Jadi Penentu

131

NGAWI – PDI Perjuangan (PDIP) berpotensi kembali menelurkan kepala daerah. Itu seiring hasil Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 yang memuaskan. Meski belum ditetapkan secara resmi, berdasarkan real count internal, partai tersebut mampu meraup sedikitnya 17 kursi di DPRD. Bahkan, diyakini bisa bertambah menjadi 20 kursi.

Jika itu terwujud, partai berlambang kepala banteng moncong putih tersebut berhasil mempertahankan dominasinya pada pucuk pemerintahan Ngawi selama kurang lebih satu dekade terakhir. ‘’Bisa jadi karena masyarakat menilai pemerintahan selama dipimpin Bupati Budi Sulistyono berhasil,’’ kata Samsul Hadi, pengamat politik lokal.

Karena itu, dia menyebut tokoh-tokoh baru yang terpilih dalam pemilu kali ini bakal menjadi faktor penentu. ‘’Mereka harus bisa memberikan hal baru untuk pemerintahan Ngawi ke depan,’’ ucap ketua Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Islamiyah KP Paron ini.

Samsul melihat ada sejumlah tokoh yang ahli dalam penataan pemerintahan ikut maju dalam kontestasi Pemilu 2019. Di antaranya, Siswanto (mantan sekretaris daerah) serta Sudirman (mantan sekretaris dinas perumahan dan kawasan permukiman). ‘’Yang saya lihat, sangat paham dengan penataan pemerintahan,’’ sebutnya.

Di sisi lain, Samsul menyoroti kegagalan sejumlah partai meraup suara signifikan dalam tiga pemilu terakhir. Menurutnya, kondisi itu mengindikasikan mesin partai yang tidak berjalan maksimal. Selain itu, sosok yang dicalonkan kurang ‘’menjual’’. (tif/isd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here