Magetan

Toko Modern Desa Tinap Kena Sanksi

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Tak ada lagi tempat untuk toko modern berjejaring di Magetan. Satpol PP setempat mencabut izin operasional sebuah swalayan di Desa Tinap, Sukomoro. ”Karena tak sesuai perizinannya, kami tindak tegas,” kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) Magetan Chanif Tri Wahyudi Minggu (13/10).

Chanif mengatakan, izin yang diajukan kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Magetan untuk toko modern tak berjejaring. Namun, kenyataannya berbeda. Pun, sebelum mencabut izin operasionalnya, satpol PP terlebih dahulu menerjunkan tim untuk mencari bukti pelanggaan yang dilakukan pengusaha. ”Dikamuflasekan seperti tidak berjejaring,” ujarnya.

Dia menyebut, pengusaha sempat bersikukuh bahwa toko tersebut tidak berjejaring. Namun, penampakan fisik bangunannya sangat mencolok. Yakni, ciri khas setrip warna merah, biru, dan kuning pada sisi depan maupun dalam bangunan. Bukti pembayaran juga menyebutkan toko tersebut merupakan toko modern berjejaring.

Chanif menuturkan, Sabtu lalu (12/10) pihaknya mendatangi toko modern tersebut. Kala itu, pengusaha mulai mengemasi barang-barang dan kemarin menutup sendiri tokonya. Meski begitu, toko di Jalan Raya Maospati-Magetan itu akan tetap dalam pengawasan korps penegak perda. ”Kami tak ingin ada pelanggaran lagi,” tegasnya.

Dia menambahkan, bupati telah memberlakukan moratorium bagi usaha toko modern berjejaring. Kalaupun pengusaha akan mengoperasikan tokonya sesuai izin usaha sebelumnya juga tak akan mudah. ”Nanti akan ada tim yang memberikan pertimbangan,” tutur Chanif.

Chanif mengungkapkan, penutupan toko modern di Desa Tinap itu baru awal. Sebab, hingga akhir tahun ini bakal ada empat tempat usaha serupa lainnya yang akan ditertibkan. Permasalahannya sama, yakni menyalahgunakan izin. ”Sudah kami tandai. Akan kami lakukan pendekatan dulu dengan pengusaha sebelum dieksekusi,” paparnya. (bel/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close