Titik Kemacetan Baru Menumpuk di Dumpil Exit Tol

100

MADIUN – Titik kemacetan baru di Dumpil Exit jadi pekerjaan rumah (PR) bagi polisi. Rekayasa harus dilakukan lantaran akan banyak kendaraan dari Ponorogo, Kota Madiun, Trenggalek, Wonogiri, Magetan dan  Pacitan memakai pintu tol tersebut. ’’Sesuai prediksi, akan padat kendaraan di Dumpil exit,’’ ujar Kasatlantas Polres Madiun AKP Imam Mustolih.

Sedangkan, kata dia, di Pilangkenceng dan Wilangan exit cenderung lancar. Sebab, jalur tol sudah tersambung sampai Kertosono. Sehingga, tidak sama kondisinya dengan momen Lebaran. Saat itu memang terjadi penumpukan kendaraan di Wilangan. ’’Beda dengan Lebaran,’’ ujarnya.

Dia menambahkan, pada momen natal dan tahun baru (Nataru) sudah disiapkan dua pos pantau. Lokasi di titik perlintasan kereta api Wadukan dan Kaligunting di Saradan. Imam mengatakan, adanya proyek double track bakal menjadikan kawasan itu sedikit tersendat. Pasalnya, tidak semua kendaraan besar bakal menggunakan jalur tol. ’’Kemungkinan akan ada perlambatan di area itu,’’ katanya.

Imam menambahkan, untuk daerah-daerah yang rawan kecelakaan memang diperkirakan masih berada di kawasan Sidorejo, Saradan. Tepatnya di depan Gobosmo. Jalan yang memiliki letter S memang cukup memberikan dampak fatalits yang cukup parah. Jika ada yang kecelakaan di situ, kebanyakan pasti meninggal. Namun, dia mengakui kalau untuk area itu sebenarnya angka kecelakaannya sedikit. ’’Lebih tinggi di area selatan,’’ katanya.

Dia mengatakan untuk kawasan itu memiliki angka fatalitas yang cukup tinggi. Untuk bagian selatan memang cukup banyak namun, angka fatalitasnya kecil. Dia menyebut kalau titik black spot memang masih belum bergeser u. Pihaknya sebisa mungkin tetap menghimbau para pengguna jalan untuk tetap berhati – hati. ’’Kalau bisa dihindari saja,’’ katanya.

Selain pos pantau, dikut didirikan pos pengamanan yang akan disiagakan di taman Kota Asti. Termasuk di kawasan Waduk Widas dan Umbul Square Dolopo. Dia menyebut untuk kawasan wisata diperkirakan bakal dipadati pengunjung sehingga memang harus ada pengamanan yang ekstra. (mg4/ota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here