Ponorogo

Tim Ahli Tinjau Kesiapan RSUD dr Harjono Ponorogo

Fasilitas Ruang PCR Kurang

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Kesiapan RSUD dr Harjono Ponorogo mengoperasikan mesin polymerase chain reaction (PCR) ditinjau tim ahli. Untuk sementara, fasilitas di bakal ruang pemeriksaan dinilai relatif siap. ‘’Masih kurang satu unit biosafety cabinet (BSC) lagi,’’ kata Kepala Laboratorium Mikrobiologi Klinik RSUD dr Iskak Tulungagung Rendra Bramanti Selasa (15/9).

Menurut Rendra, pengoperasian mesin PCR terbilang spesial. Harus di ruangan tersendiri dengan dilengkapi beberapa fasilitas. Salah satunya BSC. Pun, ruangan harus ditata dengan instalasi yang terstandar. ‘’Secara keseluruhan sudah baik,’’ nilainya.

Kekurangan BSC, lanjut dia, dapat dipenuhi sambil dioperasikan. Dia berharap, pengoperasian mesin PCR di RSUD dr Harjono dapat mempercepat testing dan meningkatkan upaya penanggulangan pandemi Covid-19 di Ponorogo. ‘’Tekanan negatif di ruang PCR juga sudah dipasang,’’ terang dokter spesialis mikrobiologi klinik itu.

Meski begitu, pengoperasian mesin PCR harus melalui sejumlah tahapan lebih dulu. Dinkes Jatim akan melakukan pengecekan dalam waktu dekat. Setelah itu, akan ada tahap pengujian. Membandingkan hasil tes PCR di RSUD dengan laboratorium lain untuk mengetahui akurasinya. ‘’Tenaga ahli juga sudah siap. Ada dua dokter dan dua analis,’’ imbuh Direktur RSUD dr Harjono Made Jeren. (naz/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
close