Tiket Masuk Ngebel Naik Belasan Ribu, Dispar Anggap Wajar

355

PONOROGO – Baru reda permasalahan harga tiket masuk (HTM) Mloko Sewu, giliran HTM Telaga Ngebel dikeluhkan pengunjung. Tiket masuk yang normalnya Rp 6 ribu naik menjadi Rp 20 ribu pada momen tahun baru kemarin. Sontak, kenaikan itu menjadi pergunjingan di media sosial (medsos).

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Ponorogo Slamet Lilik Raharjo menganggap wajar kenaikan hingga Rp 14 ribu itu. Menurutnya, sudah biasa terjadi ketika ada agenda tahunan. Setidaknya ada dua agenda tahunan di Telaga Ngebel: tahun baru dan larung sesaji. ‘’Kenaikan harga itu untuk mendukung event yang digelar,’’ katanya.

Karena itu pula, kenaikan tiket hingga belasan ribu tidak memberi kontribusi apa pun terhadap pendapatan asli daerah (PAD). Pemasukan yang terhitung dari Telaga Ngebel tetaplah Rp 6 ribu/tiket. Belasan ribu harga per tiket sisanya masuk penyelenggaraan event. ‘’Jadi, itu untuk mendongkrak perekonomian warga setempat,’’ ujarnya.

Lilik yakin, event yang dihelat dapat mendongkrak kunjungan wisatawan. Secara tidak langsung memberikan sumbangsih terhadap PAD, meski rasio penghitungannya tetap lebih besar untuk supporting event. Bicara pendapatan 2018, setoran Telaga Ngebel ke kas daerah tembus Rp 1.450.925.000. Melampaui target yang telah ditetapkan sebesar Rp 805 juta. Juga, meningkat dari pendapatan 2017 sebesar Rp 1.074.651.000. ‘’Akan terus kami tingkatkan,’’ ucapnya. (mg7/c1/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here