Tiga Parpol Belum Setor Daftar Pengurus, Paripurna Pembentukan Fraksi Batal

29
GEDUNG KLITIK: DPRD Kabupaten Madiun 2019–2024 memiliki enam fraksi dengan dua di antaranya gabungan koalisi.

MEJAYAN, Jawa Pos Radar Caruban – Rapat paripurna internal keanggotaan fraksi DPRD Kabupaten Madiun Senin (2/9) batal. Penyebabnya, sejumlah partai politik (parpol) belum mengajukan kepengurusan ke pimpinan dewan. ‘’Baru tiga masuk, kurang tiga parpol,’’ kata Sarwo Edi, ketua DPRD Kabupaten Madiun sementara.

Tiga parpol yang sudah setor PDIP, PKB, dan NasDem. Ketiganya membentuk fraksi mandiri. Sedangkan Partai Golkar, Demokrat, dan Gerindra belum diterima. Karena belum lengkap, rapat dengan agenda mengumumkan kepengurusan fraksi untuk lima tahun ke depan itu ditunda. ‘’Mungkin dua atau tiga hari lagi klir,’’ ujarnya.

Menurut dia, masih ada tarik ulur di tiga parpol tersebut. Terutama komunikasi dengan parpol yang tidak punya kesempatan membentuk fraksi mandiri. Sebab, tidak memenuhi syarat minimal empat kursi. Sehingga, harus bergabung. ‘’Masalah koalisi itu internal parpol. Tugas kami hanya memfasilitasi pembentukan fraksi,’’ jelasnya.

Meski begitu, Sarwo menegaskan tertundanya rapat tidak mengganggu kegiatan kedewanan. Pun tidak bisa dibilang terlambat. Alasannya, pembentukan fraksi maksimal sebulan setelah pelantikan. Sesuai Peraturan Pemerintah (PP) 12/2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD Provinsi, Kabupaten, dan Kota. ‘’Waktunya masih ada, tapi kami motivasi agar segera diselesaikan,’’ tutur politikus PDIP tersebut.

Terpisah, Ketua DPD Golkar Kabupaten Madiun Mujono menyebut surat kepengurusan fraksi telah diajukan ke sekretariat dewan (setwan) kemarin. Dia menduga dokumen itu belum didisposisikan ke pimpinan dewan. Di dokumen itu fraksinya terdiri dari 10 anggota dengan diketuai Mashudi. Berkoalisi dengan PKS dan Hanura. Masing-masing dua anggota. ‘’Namanya Fraksi Golkar Nurani Sejahtera (GNS),’’ sebutnya.

Setali tiga uang, Wakil Ketua DPC Demokrat Kabupaten Madiun Kuwat Edy Santoso menyebut kepengurusan fraksi telah dilayangkan ke setwan kemarin. Partainya resmi menggandeng dua anggota dari PKPI. Partai koalisi Bersama Kaji Mbing-Hari Wur (Berkah) dalam Pilkada 2018. ‘’Kenapa baru hari ini (kemarin, Red) dikirimkan, karena memang masih proses,’’ katanya.

Sementara, Sekretaris DPC Gerindra Kabupaten Madiun Guntur Setyono tidak menampik lembaganya belum mengajukan kepengurusan fraksi ke setwan. Masih proses menyesuaikan mekanisme internal. Seperti menampung masukan dari DPC dan PAC. ‘’Gerindra berdiri sendiri, tidak ada tambahan anggota dalam fraksi. Tapi, kami tidak mau gegabah dalam menunjuk ketua,’’ bebernya sambil menjanjikan penyerahan kepengurusan fraksi hari ini. (cor/c1/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here