Tiga Bulan Terjadi 30 Kali Bencana di Magetan

95

MAGETAN – Magetan masih menjadi daerah paling rawan terhadap bencana di Jatim. Khususnya, saat musim hujan yang diperkirakan bakal berakhir sampai April 2019.

Selama tiga bulan terakhir, BPBD mencatat setidaknya sudah terjadi 10 kasus bencana tanah longsor di sejumlah wilayah di Magetan. Seperti di Poncol dan Plaosan.

Selain longsor, kasus pohon tumbang karena disebabkan angin kencang juga sering melanda Magetan. Total sudah ada sekitar 20 kasus pohon tumbang sepanjang tahun ini. Kendati begitu, intensitas bencana yang terjadi sedikit menurun dibandingkan tahun lalu. ‘’Kerugian materiil yang dialami oleh warga terdampak diperkirakan bisa mencapai ratusan juta rupiah,’’ kata Fery Yoga Saputra, Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Magetan kemarin (4/3).

Berdasar prakiraan BMKG, hujan kategori sedang sampai lebat diperkirakan masih mengguyur sebagian besar wilayah di Magetan sampai April mendatang. Kondisi tersebut dapat dilihat dari pergerakan angin dari daratan Asia menuju Australia yang cenderung stabil.

Sebagai tindak lanjut, pihaknya tak segan-segan memberikan imbauan kepada masyarakat. Terutama mereka yang tinggal dibawah tebing atau dekat dengan lereng perbukitan. ‘’Pemantauan atau monitoring terus dilakukan oleh tim di lapangan,’’ ujar Fery. (mgc/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here