Pacitan

Tidak Maksimal, Pembangunan Lanal Jalan di Tempat

PACITAN – Rencana pembangunan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tipe D di Desa Kembang, Pacitan, jalan di tempat. Hingga kini tanah oloran, bekas sedimentasi pantai di lokasi masih dibiarkan. Padahal rencana akusisi lahan tersebut sebagai tambahan yang kurang sudah diajukan sejak September 2018 lalu. ‘’Sampai saat ini belum ada kelanjutannya,’’ kata Kepala Desa Kembang Sahudi kemarin (2/5).

Sejak pertemuan bersama Bupati Pacitan Indartato, perwakilan TNI AL dan pihak lainnya, Sahudi hanya bisa menunggu. Dia menduga masih proses sertifikasi di Badan Pertanahan nasional (BPN). Tanah negara tersebut nantinya dialihkan ke TNI AL. Sementara warga yang memanfaatkan lahan tersebut untuk bercocok tanah rela melepasnya. ‘’Kurang lebih empat hektare,’’ ujarnya.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setkab Pacitan Joni Maryono mengatakan tidak mengikuti perkembangan rencana pembangunan lanal tersebut. Sepengetahuannya, Pemkab Pacitan telah mengupayakan lahan sekitar 4.800 meter persegi untuk pembangunan lanal. Namun, masih kurang. Pasalnya kebutuhan lahan ditaksir mencapai 6.000 meter pesergi. Sehingga, oloran di utara lahan dijadikan pilihan. ‘’Tanah di sana cukup luas,’’ sebutnya.

Menurut dia, hingga saat ini lahan tersebut masih dimanfaatkan warga. Namun mereka, bersedia melepas ladang garapannya itu. Informasinya, mereka bakal mendapat tali asih. Namun Joni tidak tahu besarannya. Pun terkait mekanisme pengambilalihan lahan, Joni kurang paham. Apakah diserahkan langsung oleh pemerintah pusat atau melalui pembelian. ‘’Kalau pembelian nanti dari TNI,’’ jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, Bupati Pacitan Indartato menyebut masih melakukan pemetaan dan identifikasi lahan yang akan dibebaskan. Alasannya, lahan yang dibutuhkan tidak sembarangan. Terdapat standar khusus. Salah satunya posisi yang strategis. Sebab, fungsi pangkalan tersebut berbeda jauh dengan Pelabuhan Niaga Gelon. Menurut dia, lanal untuk kegiatan pengamanan wilayah. Sehingga keamanan dan kenyamanan warga Pacitan bakal meningkat. (odi/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close