Ponorogo

TIC Ponorogo Belum Berfungsi Maksimal

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo  – Kondisi Tourism Information Center (TIC) Ponorogo di kompleks alun-alun setempat seolah hidup segan mati tak mau. Gedung tersebut hanya sedikit ramai saat digelar event tertentu.

‘’Memang biasanya sepi. Itu dulu dibangun bersamaan perbaikan panggung alun-alun, paseban, dan kantor bupati zamannya Pak Amin (Bupati Amin, Red),’’ kata Sujiman, pedagang kaki lima yang mangkal tidak jauh dari gedung tersebut, Rabu (25/9).

Alga Dwi Pratiwi, pengunjung alun-alun, mengaku tidak banyak tahu soal gedung tersebut. Namun, dia berharap TIC itu bisa berfungsi sebagaimana mestinya. ‘’Ya untuk pusat informasi pariwisata di Ponorogo,’’ ujar mahasiswi salah satu kampus di Bumi Reyog itu.

Alga juga berharap pusat informasi pariwisata itu terkoneksi dengan media sosial (medsos). Setidaknya, dia pernah berkunjung ke Tanah Goyang di Ngelo, Pudak Wetan, Pudak, setelah mengetahui objek wisata tersebut dari sebuah posting-an di Instagram. ‘’Ternyata akses jalannya masih belum memadai,’’ ungkapnya.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Agus Sugiharto menyebut, TIC saat ini tengah dalam identifikasi dan kajian. Baik aspek fungsi maupun tata kelolanya. Harapannya, kelak menjadi unit terpadu yang terintegrasi dengan alun-alun. ‘’TIC itu nanti harus modern dan menyentuh generasi milenial,’’ katanya.

Diakuinya, sejauh ini gedung tersebut hanya sedikit ramai ketika ada event, semisal Grebeg Suro. ‘’Apakah lebih efektif menempatkan SDM di sana atau seperti apa, masih dalam kajian,’’ ujar Agus. (dil/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close