Pariwisata Pacitan Masih Pantai Klayar Sentris

104

PACITAN – Meski memiliki banyak destinasi wisata pantai, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Pacitan tetap mengandalkan Pantai Klayar untuk mendulang pendapatan asli daerah (PAD) 2019. Alasannya, pantai di Desa Sendang, Donorojo, itu jadi jujukan wisatawan dari berbagai daerah. ‘’Masih sama, tertinggi (kunjungan, Red) di Pantai Klayar dan Gua Gong,’’ kata Kabid Pemasaran Disparpora Budi Hartoko kemarin (5/1).

Selama liburan Natal dan tahun baru (Nataru) lalu misalnya, dari sekitar 100 ribu pengunjung, 39 ribu di antaranya di Pantai Klayar. Sementara objek wisata lain seperti Gua Gong, Banyu Anget, serta Pantai Watukarung hanya berkisar 12 ribu hingga 16 ribu wisatawan. Dalam setahun Pantai Klayar berhasil menggaet 327 ribu pelancong. ‘’Kalau dibandingkan objek wisata lain masih jauh, nomor dua Banyu Anget sekitar 182 ribu wisatawan,’’ ujar Hartoko.

Tingginya kunjungan wisatawan di pantai berpasir putih itu tak ingin disia-siakan. Tahun 2019 tulang punggung PAD sektor pariwisata bertahan di Pantai Klayar. Sokongan dari objek wisata lainnya seperti Pantai Watukarung, Pringkuku. ‘’Karena Watukarung juga bagus, satu destinasi bisa mendapat tiga hingga empat tempat wisata berbeda,’’ bebernya.

Menurut dia, lokasi pantai yang mudah dijangkau juga jadi poin lebih yang dimiliki Klayar. Pada 2018 lalu kendaraan besar seperti bus bisa masuk ke lokasi pantai. Sehingga, para pengunjung dimanjakan dengan fasilitas yang tersedia. Parkir yang luas juga mampu menampung ratusan kendaraan. ‘’Jalur ke sana (Klayar, Red) juga sudah dilebarkan, target kami juga bakal dilakukan di objek wisata lain agar pamasukan tinggi juga bisa merata di semua objek wisata,’’ ucapnya. (mg6/c1/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here