NgawiPeristiwa

Tewaskan Mr X, Pemasang Jebakan Tikus Dipenjara

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Masih ingatkah temuan mayat Mr X yang tewas karena sengatan listrik jebakan tikus di area persawahan Desa/Kecamatan Pangkur pada 7 Januari lalu? Ternyata kasus tersebut berbuntut pidana. Yusup Asngari, 30, ditetapkan sebagai tersangka oleh penyidik Satreskrim Polres Ngawi Kamis (30/1).

Warga Desa Budug, Kecamatan Kwadungan, itu adalah pemilik sawah. Dia pulalah yang memasang jebakan tikus beraliran listrik tersebut. Karena perbuatannya itu, Yusup disangka telah melanggar pasal 359 KUHP tentang kelalaian yang menyebabkan orang lain meninggal dunia. ‘’Ancaman pidananya 5 tahun penjara,’’ kata Kasatreskrim Polres Ngawi AKP Khoirul Hidayat.

Dia menyatakan, penggunaan jebakan tikus yang dialiri listrik sudah dilarang sebelumnya. Bahkan, larangan itu sudah disosialisasikan ke kelompok petani. Namun, masih saja ada petani yang nekat memasang jebakan tersebut. ‘’Ke depan kami akan melakukan komunikasi dengan dinas pertanian mengenai permasalahan ini untuk menemukan solusinya,’’ ujar Hidayat.

Sementara itu, Yusup mengaku baru kali pertama memasang jebakan listrik. Tujuannya untuk menghalau serangan hama tikus terhadap padi miliknya yang baru berumur 7 hari. ‘’Tidak mempan kalau diberi racun atau hanya gropyokan,’’ tuturnya.

Dia mengungkapkan, jebakan tikus itu dipasang dengan dialiri listrik berdaya 3.200 watt. Jebakan tersebut bisa meng-cover seperempat hektare luas lahan pertaniannya. ‘’Dinyalakan ketika malam saja. Biasanya juga diawasi,’’ kata Yusup. (mg1/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close