Magetan

Tes Masal Ribuan Buruh Tebang Dua Pabrik Gula

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Ribuan buruh tebang tebu dua pabrik gula (PG) di Magetan dites cepat Covid-19. Totalnya 3.200 orang dengan prioritas dari luar daerah. Tes masal buruh PG Purwodadi, Karangrejo, dan PG Rejosari, Kawedanan, itu dilakukan bertahap mulai Rabu (3/6). ‘’Total yang di-rapid test PG Purwodadi 1.200 orang dan PG Rejosari 2.000 orang,’’ kata Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Magetan Didik Setyo Margono.

Didik menyatakan, tes cepat bertahap sesuai kemampuan tenaga kesehatan. Estimasinya 100 orang per hari. Hasil rapid test kemarin tidak ada yang reaktif. Nantinya, bila ada yang reaktif, akan dilanjutkan tes swab. ‘’Pihak pabrik yang lebih dulu berkoordinasi ke kami karena sebentar lagi musim giling,’’ terangnya.

Ketua GTPP Covid-19 PG Purwodadi Adi Rofijayanto menyebut, mulai hari ini buruh tebang sudah bekerja. Tes cepat diperlukan untuk meminimalkan penularan korona di lingkungan kebun tebu hingga pabrik. Buruh tidak hanya dari Magetan, tapi juga luar daerah. ‘’Kami pekerjakan dulu pekerja yang dinyatakan nonreaktif. Jadi, harus menunggu giliran rapid test, baru boleh ikut tebang tebu,’’ katanya.

Sementara, kasus positif Covid-19 bertambah satu menjadi 84 kemarin petang. Penambahan satu pasien asal Kecamatan Maospati. Jubir GTPP Covid-19 Magetan Saif Muchlissun menyebut, temuan pasien perempuan itu hasil pelacakan pasien ke-52 yang terkonfirmasi positif 29 Mei lalu. “Usianya 78 tahun,” ujarnya. (fat/bel/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
close