NgawiPolitik

Terus Galang Dukungan Parpol, Ony Anwar-Antok Daftar di NasDem

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Bakal calon bupati (bacabup) Ony Anwar Harsono terus menggalang dukungan sejumlah partai politik (parpol) untuk menghadapi pilkada tahun depan. Setelah resmi menggandeng PDIP, pria yang kini menjabat wakil bupati (wabup) Ngawi aktif itu juga tengah berupaya merangkul Partai NasDem untuk menambah kekuatan politiknya.

Upaya Ony itu terlihat dari keseriusannya mengikuti proses penjaringan bacabup yang digelar partai pimpinan Surya Paloh tersebut. Selasa (15/10), Ony secara resmi menyerahkan berkas pendaftaran kepada panitia penjaringan bacabup NasDem. Dia datang ke kantor DPD Partai NasDem bersama Dwi Rianto Jatmiko, pasangannya di Pilkada Ngawi 2020.

Ony mengaku sangat berharap Partai NasDem bisa bergabung PDIP untuk mengusung dirinya bersama Antok -sapaan Dwi Rianto Jatmiko- sebagai cabup dan cawabup di pilkada mendatang. ‘’Memang tujuannya untuk menambah dukungan,’’ ujar Ony.

Ony menyatakan sejak awal sudah berniat menggandeng seluruh parpol di Ngawi terkait kontestasi Pilkada Ngawi 2020. Pun, dia mengklaim komunikasi antara dirinya dengan parpol-parpol telah dijalin sejak dulu. ‘’Kebijakan pemerintah daerah itu sumbernya juga dari aspirasi partai politik. Jadi, tidak ada yang salah kalau kami ingin menjalin komunikasi dengan semua partai,’’ katanya.

Karena itu, dia memastikan jika kelak ada partai lain yang membuka penjaringan bacabup-bacawabup secara umum pihaknya akan mendaftar lagi. ‘’Kalau ada (partai yang membuka penjaringan), kami pasti akan ambil (formulir pendaftaran),’’ tegasnya.

Berbeda dengan pendaftaran yang dilakukan secara internal di PDIP beberapa waktu lalu. Jika sebelumnya Ony dan Antok sama-sama mendaftar sebagai bacabup, pada penjaringan yang dilakukan Partai NasDem keduanya menjadi satu paket. Ony mendaftar sebagai bacabup dan Antok bacawabup. ‘’Sebenarnya sekarang (yang di PDIP) juga sudah jadi satu paket,’’ kata Antok.

Pria yang kini menjabat ketua DPRD Ngawi itu mengungkapkan, saat proses fit and proper test di DPD PDIP Jawa Timur lalu, dirinya dan Ony sepakat dijadikan satu paket. ‘’Pak Ony kan sudah dua periode menjabat wakil bupati, jadi tidak mungkin kembali mengambil peluang itu,’’ ujarnya menyebut alasannya menjadi bacawabup.  

Ketua DPD Partai NasDem Ngawi Hari Cahyono menyatakan, sejauh ini selain pasangan Ony-Antok, seorang lagi telah mengambil formulir pendaftaran, yakni Jumirin. Namun, hingga kemarin baru Ony dan Antok yang telah mengembalikan berkas ke panitia. ‘’Informasinya, Pak Jumirin besok pagi (hari ini, Red),’’ sebutnya.

Jika benar Jumirin juga mendaftarkan diri sebagai bacabup NasDem, berarti bakal ada perebutan rekomendasi dari pimpinan pusat partai tersebut. Seandainya rekomendasi turun kepada Ony-Antok, dipastikan Partai NasDem bakal bergabung koalisi PDIP.

Namun, jika rekomendasi diberikan kepada Jumirin, Partai NasDem harus membentuk poros koalisi baru apabila memang ingin memberangkatkan calonnya melalui jalur parpol. ‘’Semua berpeluang (mendapat rekomendasi), kita tunggu saja nanti keputusan DPP seperti apa,’’ kata Hari. (tif/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
close
PENGUMUMAN
Close