Madiun

Terpilih Program IVLP 2020, Bupati Belajar ke Amerika Serikat

Dalami Birokrasi Negeri Paman Sam

MADIUN, Jawa Pos Radar Caruban – Bupati Madiun Ahmad Dawami menuntut ilmu sampai Amerika Serikat (AS). Dia adalah satu dari dua kepala daerah di tanah air yang terpilih program International Visitor Leadership Program (IVLP) 2020.

Selama 23 hari, Kaji Mbing –sapaan Ahmad Dawami– berkesempatan mendalami sistem birokrasi dan tata kelola pemerintahan Negeri Paman Sam. Di luar itu, dia punya misi mengenalkan Kampung Pesilat. ‘’Kesempatan ini saya manfaatkan untuk mencari dan mengumpulkan orang-orang Madiun di sana,’’ katanya Kamis (30/1).

Mengutip laman Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), IVLP adalah program utama pertukaran profesional yang diselenggarakan Department of State (DoS) sejak 1940 silam. Melalui kunjungan singkat ke AS, para pesertanya akan berdiskusi langsung dengan counterparts. Indonesia telah berpartisipasi dalam program ini mulai 1952.

Kaji Mbing dijadwalkan terbang ke AS besok (1/2). Selama tiga pekan, dia bakal bergabung dengan forum birokrasi di empat kota berbeda. Yakni, Washington DC, Petersburg, Kansas, dan Minot. Tentunya hal tersebut menjadi kesempatan emas bupati belajar banyak hal.

Sebagai bekal membangun Kabupaten Madiun di masa kepemimpinannya, bupati sudah membuat daftarnya. Selain tata kelola pemerintahan, ada kondisi organisasi masyarakat (ormas), investor, dan sebagainya. ‘’Tapi, keselarasan kultur dan budaya tetap menjadi pertimbangan,’’ ujarnya.

Kaji Mbing menambahkan, IVLP memberi ruang bagi para peserta untuk menyampaikan potensi daerah. Seperti pertanian, perekonomian, dan lain-lain. ‘’Apa yang sekiranya bagus dan cocok untuk Kabupaten Madiun, itu yang akan menjadi fokusnya,’’ ucapnya seraya berharap ilmu yang akan diperoleh bisa membantu Kabupaten Madiun merespons era globalisasi.

Bupati menekankan, keberangkatannya ke negara adikuasa itu sama sekali tidak menyentuh APBD. Seluruh biaya administrasi ditanggung penyelenggara program. Dia terpilih setelah melewati tiga kali wawancara dari kedutaan besar AS di Indonesia. Meski begitu, Kaji Mbing enggan jemawa dengan capaiannya itu. ‘’Yang terpenting adalah apa yang bisa dibawa pulang untuk Kabupaten Madiun dari AS,’’ tuturnya.

Bupati telah menyiapkan segala keperluan di AS. Selain bekal mengikuti program, juga kesiapan pribadi. Izin dari pemerintah pusat untuk tidak menjalankan kewajibannya sementara waktu sudah komplet. Termasuk mengalihkan tugas itu kepada Wakil Bupati Hari Wuryanto. ‘’Saya pastikan pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan dengan baik,’’ pungkasnya. (den/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close