Madiun

Terpapar Korona Dijamin Asuransi Kecelakaan Kerja

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Menjalankan protokol kesehatan menjadi keniscayaan di setiap keadaan. Tak terkecuali di lingkungan kerja. Baik industri, ritel, maupun perkantoran.

Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Madiun terus menyupayakan perlindungan pekerja terhadap risiko penularan Covid-19. Banyaknya kasus konfirmasi positif dari kalangan pekerja hingga menyebabkan kematian di kota-kota besar harus diperhatikan. ‘’Sejak awal pandemi kami sudah mengimbau pengusaha dan perusahaan untuk menerapkan protokol kesehatan di lingkungan kerja,’’ kata Kepala Disnaker Kota Madiun Suyoto Harjo Wiyono Senin (3/8).

Sesuai Surat Edaran (SE) Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) 8/2020, pekerja yang terinfeksi Covid-19 bisa dikategorikan penyakit akibat kerja (PAK). Khususnya pekerjaan yang berisiko. Seperti tenaga medis, tenaga kesehatan, dan pekerja rumah sakit. ‘’Kami telah menjalin komunikasi dengan berbagai perusahaan untuk memastikan pekerja telah memiliki jaminan sosial. Sehingga, ketika terpapar korona dapat memanfaatkan jaminan kecelakaan kerja,’’ terangnya.

Bagi yang menjalani karantina atau perawatan tidak membuat hubungan pekerja terputus. Meskipun bekerja dari rumah, hak untuk mendapatkan gaji penuh tetap menjadi kewajiban perusahaan. ‘’Hubungan kerja tetap berjalan,’’ tegasnya. (mg3/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
close