Ngawi

Teror Ular Kobra Marak, Tim SAR Giat Lakukan Penyisiran

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Ada indukan pasti ada anakan. Tim gabungan terus melakukan penyisiran. Menindaklanjuti maraknya temuan ular di sejumlah tempat, terakhir di Polsek Mantingan. ‘’Indukannya tadi kita sudah ketemu satu. Kemungkinan masih ada lainnya,’’ kata Ketua SAR Elpeje Suyono kemarin (3/1).

Di sekitar polsek dan halaman rumah warga, SAR Elpeje mendapati dua ekor ular kobra. Satu indukan berukuran 1,2 meter dan satu masih anakan. Setelah pencarian dua jam itu, ular tangkapan tersebut dititipkan ke Exotic Animal Lovers (Exalos) untuk perawatan. ‘’Setelah itu dilepasliarkan ke habitat asal,’’ terangnya.

Penyisiran dilakukan di tempat-tempat kotor dan lembap. Tempat seperti itu sering dijadikan sarang tikus maupun katak. Sekaligus menjadi buruan ular untuk mencari mangsa. ‘’Kalau anakan ular, makannya jangkrik, belalang, dan hewan-hewan berukuran kecil,’’ imbuh Suyono.

Di Mantingan saja, tertangkap 24 anakan dan satu indukan ular kobra. Besarnya temuan itu menandakan masih banyaknya ular yang berkeliaran di sekitar. Mengingat, masa reproduksinya diprediksi berlangsung hingga Maret. ‘’Jaga kebersihan lingkungan. Saat melihat ular, jangan panik apalagi mencoba membunuhnya. Ular tidak suka bau wangi-wangian. Tapi, kalau takut garam itu mitos,’’ jelasnya. (mg1/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close