Terkendala Jaringan, Ikut UNBK Susulan

51

MAGETAN – Sejumlah siswa SMK di Kabupaten Magetan bakal mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK) susulan 15 April mendatang. Di antaranya siswa SMK Penerbangan Angkasa Maospati. Bukan karena absen mengikuti ujian, namun lantaran terjadi masalah jaringan. Alhasil, mereka tidak bisa ujian. ‘’Solusinya ikut UNBK susulan,’’ kata Kasi Pendidikan SMA/SMK Cabang Dinas Pendidikan Jatim Wilayah Kabupaten Magetan Agung Dwi Prabowo kemarin (28/3).

Masalah jaringan itu terjadi di laboratorium tiga. Sesi pertama UNBK tidak bisa dilaksanakan. Masalah itu sudah terjadi pada hari ketiga UNBK, yakni mapel bahasa Inggris dan hari ini (29/3) mapel teori kejuruan. Namun, sesi berikutnya tetap bisa dilaksanakan. Pihak sekolah tidak mau ambil risiko dengan memaksa para siswa yang terkendala masalah tersebut. Daripada hasil UNBK tidak bisa diunggah. ‘’Kami sudah komunikasi dengan pihak sekolah, mereka oke (UNBK susulan, Red.),’’ ujarnya.

Agung menjelaskan, laboratorium tiga baru perdana dipakai UNBK. Pun masih baru. Sehingga, masalah jaringan itu berada di luar prediksi. Apalagi saat simulasi dan tryout, hanya menggunakan laboratorium satu dan dua. Mendapat laporan masalah tersebut, cabdindik segera mengambil langkah. Bersama pihak sekolah mencari tahu akar masalahnya. ‘’Kami tetap mengupayakan agar UNBK berjalan lancar,’’ tuturnya.

Agung juga tidak menduga bakal terjadi masalah jaringan. Sebab, saat sinkronisasi dari server ke client tidak masalah. Apalagi, UNBK hari pertama dan kedua juga tidak ditemukan problem. Baru pada hari ketiga, trouble itu muncul. Masalah itu pun bakal jadi bahan evaluasi cabdindik untuk lebih intens berkomunikasi dengan lembaga penyelenggara UNBK. Sehingga, masalah sekecil apa pun bisa diminimalkan. ‘’Karena labnya masih baru, wajar,’’ ucapnya.

Selain siswa SMK Penerbangan Angkasa, beberapa siswa SMK lain juga akan ikut bergabung mengikuti UNBK susulan. Belum diketahui jumlah pasti peserta UNBK susulan tersebut. Namun, berdasar laporan awal, ada beberapa siswa yang sakit saat UNBK hari pertama. Namun, sudah masuk kembali pada hari berikutnya. ‘’Siswa yang absen wajib mengikuti UNBK susulan,’’ terangnya.

Sejatinya, jelas Agung, UNBK tidak memengaruhi kelulusan. Kelulusan siswa ditentukan banyak indikator penilaian. Salah satunya, perilaku sejak duduk di bangku kelas X. Sesuai Kurikulum 2013 mereka tetap harus diuji. UNBK itu bisa membuktikan ilmu yang sudah diserap siswa. ‘’Dari UNBK bisa dilihat juga integritas siswa. Karena mereka murni mengerjakan sendiri,’’ pungkasnya. (bel/c1/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here