Terjerat Hukum, Siswa Difasilitasi Ikut UNBK

53

MADIUN – Kesempatan mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK) diperoleh RC. Setelah pihak sekolah memfasilitasi siswa kelas XII Jurusan Teknik Permesinan (TPM) salah satu SMK swasta di Kota Madiun itu.

RC mengikuti ujian sejak pukul 07.30 hingga pukul 09.30. Dia menjalani ujian lengkap dengan pakaian seragam sekolah. Selama mengerjakan soal, pelajar 18 tahun itu dijaga seorang staf Cabang Dinas Pendidikan Jatim wilayah Madiun serta dua orang polisi.

Dini Wijayati, kepala SMK tempat RC belajar, mengaku sejak awal pihaknya menginginkan seluruh siswanya bisa mengikuti ujian. Karena itu, ketika ada salah satu siswanya yang tersandung kasus hukum, pihak sekolah berusaha maksimal agar pelajar tersebut bisa tetap mengikuti UNBK. ‘’Karena dia (RC, Red) masih menjadi aset kami,’’ katanya kepada Jawa Pos Radar Madiun kemarin (26/3).

Sebelumnya, RC sempat berurusan dengan hukum karena terlibat kasus pencurian onderdil sepeda motor sekitar dua pekan lalu. Dia terancam hukuman pidana 5 tahun penjara. Kasat Reskrim Polres Madiun Kota AKP Suharyono mengatakan, pihaknya tetap memberikan hak tahanan kepada RC untuk mengikuti UNBK. Tentu saja, selama ujian berlangsung, pelaku diberi waktu dan fasilitas belajar. Pihak keluarga juga diperbolehkan mengantarkan buku pelajaran yang diujikan. ’’Mulai datang ke sekolah sampai pulang, diantarkan petugas. Bahkan, tangannya tidak diborgol supaya tidak mengganggu saat mengerjakan ujian. Tapi, dia tetap dijaga dengan ditunggui petugas dari luar ruang kelas,’’ terangnya.

Sementara itu, Pengawas Pembina SMK Kota Madiun Liluk Dwi Muljanto mengungkapkan bahwa sudah empat tahun terakhir pihaknya mengubah konsep pembelajaran di SMK tempat RC belajar.

Dengan harapan, sekolah bisa makin berkembang. Termasuk memberikan fasilitas bagi siswanya yang tersandung kasus hukum untuk tetap bisa mengikuti ujian. ‘’Kami juga ajak dia (RC, Red) beserta siswa lainnya mengikuti doa dan salat Duha bersama sebelum ujian. Untuk meningkatkan pendidikan karakter,’’ ujarnya. (her/c1/ota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here