MadiunPeristiwa

Terjatuh dari Lantai 14, TKW Hongkong Asal Dolopo Tewas

MADIUN, Jawa Pos Radar Caruban – Minarti, 48, warga Desa Glonggong, Dolopo, Kabupaten Madiun, pulang ke kampung halaman dalam kondisi tak bernyawa. Tenaga kerja wanita (TKW) itu terjatuh dari lantai 14 apartemen majikan tempatnya bekerja di Hongkong.

Ada tidaknya unsur pidana atas insiden itu belum diketahui pasti. ‘’Kronologinya bagaimana kami belum tahu,’’ kata Kasi Penempatan Kerja Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Madiun Puguh Budi Santosa Kamis (26/12).

Jenazah Minarti tiba di rumah duka sekitar pukul 22.00, Rabu (25/12). Berdasar surat dari Konsulat Jenderal Republik Indonesia Hongkong yang diterima disnaker, Minarti meninggal dunia Minggu (15/12) waktu setempat.

Meski aparat kepolisian setempat telah mengidentifikasi jenazah, namun tidak dijelaskan detail penyebab korban jatuh. ‘’Kami sebatas mendapat pemberitahuan. Kalau soal terjatuh karena kecelakaan atau bunuh diri, belum bisa dipastikan,’’ terangnya.

Puguh mengungkapkan, Minarti bekerja sebagai asisten rumah tangga. Tahun ini adalah kontrak kerja kedua sebagai TKW. Di Hongkong, satu kali kontrak berdurasi dua tahun. Dengan kalimat lain, korban lama menjadi pahlawan devisa. ‘’Berangkat secara legal lewat PT PIS dari Kota Madiun,’’ ujarnya.

Dia menyebut, PT PIS adalah biro jasa kerja luar negeri yang resmi. Ada jaminan asuransi sesuai perjanjian antara kedua belah pihak bilamana terjadi hal tidak diinginkan. ‘’Semestinya korban mendapat asuransi. Kami akan memonitornya,’’ pungkasnya. (den/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close