Tergiur CRV, Duit Rp 13 Juta Amblas

116
PENIPUAN: Endang Susiati melaporkan kasus yang menimpanya ke Polres Ponorogo,.

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Endang Susiati, 33, hanya bisa meratapi kecerobohannya. Warga Setono, Jenangan, itu harus kehilangan uang senilai sekitar Rp 13 juta. Itu terjadi setelah tergiur kupon berhadiah mobil yang terselip dalam bungkus biskuit.

Apes yang menimpa Endang bermula saat anaknya yang baru saja pulang sekolah membawa kemasan biskuit Roma Malkist, Senin lalu (9/9). Nah, setelah dibuka, di dalamnya ada keterangan yang menyatakan konsumen berkesempatan mendapatkan hadiah mobil Honda CRV.

Korban lantas menghubungi nomor yang tertera di secarik kupon tersebut. Nomor itu terhubung langsung dengan seorang pria yang mengaku dari PT Mayora Indah Tbk, perusahaan yang memproduksi biskuit tersebut. ‘’Tergoda iming-iming mendapatkan mobil CRV yang bisa ditebus dengan harga murah,’’ kata Kaur Bin Ops Polres Ponorogo Iptu Yudi Kristiawan Rabu (11/9).

Yudi mengatakan, sosok pria dalam pembicaraan telepon itu lantas meminta Endang mengirim uang sebanyak Rp 3,19 juta. Setelah duit ditransfer, keesokan harinya laki-laki itu menghubungi korban dan menyebut kendaraan tertahan di Dinas Perhubungan Semarang.

Pelaku, lanjut Yudi, minta dikirim uang sebanyak Rp 10 juta. Tanpa berpikir panjang, Endang berangkat ke Kantor Pos Ponorogo untuk mentransfer duit senilai nominal tersebut. ‘’Tidak lama ada yang telepon lagi, mengaku bernama Eko Haryanto, polisi yang kerja di Samsat Jakarta,’’ imbuhnya.

Namun, alih-alih mobil segera dikirim, pelaku malah minta Endang mentransfer uang lagi. Bukan hanya itu, oknum tersebut juga mengaku telah menjalin komunikasi dengan Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni.  ‘’Korban baru curiga. Akhirnya mendatangi Dishub Ponorogo. Lalu, oleh pegawai dishub diantar melapor ke polres. Berkas sudah kami terima,’’ bebernya.

Yudi menyebut, penipuan dengan modus memasukkan kupon ke dalam  kemasan produk makanan baru kali ini terjadi di Ponorogo. ‘’Masyarakat jangan mudah percaya dengan tawaran hadiah apa pun, harus selektif,’’ imbaunya. (dil/c1/isd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here