Magetan

Terbentur Status Jalan, Jalur Khusus Pesepeda Sebatas Konsep

Baru Bisa Sediakan Fasilitas Parkir

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Ruas-ruas jalan di Magetan ternyata belum ramah bagi pesepeda. Padahal, pegiat sepeda kian banyak seiring gaya hidup sehat yang makin marak. ‘’Untuk jalur hijau (bagi pesepeda) masih belum bisa kami adakan tahun ini,’’ kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Magetan Joko Trihono Kamis (25/6).

Dia beralasan karena jalur yang biasa menjadi rute pesepeda adalah jalan provinsi. Sehingga diperlukan komunikasi dengan pemprov untuk membuat jalur khusus sepeda di jalan yang dimaksud. ‘’Tapi, kami akan coba berkoordinasi dengan pemprov. Karena masyarakat sudah banyak yang bersepeda,’’ ujarnya.

Sekalipun belum tahu kapan bisa terealisasi, namun Joko mengaku sudah mempunyai konsep jalur hijau khusus sepeda. Meliputi Jalan Manggis–Diponegoro–Sutomo–Ahmad Yani–alun-alun Magetan. Untuk Jalan Diponegoro, Jalan Sutomo, dan Jalan Ahmad Yani kewenangannya berada di provinsi. ‘’Itu baru konsep. Untuk realisasinya memang belum bisa,’’ terangnya.

Meski begitu, Joko mengatakan pihaknya telah menyediakan fasilitas parkir umum bagi pesepeda. Di antaranya di alun-alun Magetan, Pasar Baru Magetan (PBM), dan pasar sayur. ‘’Kami berencana menambah fasilitas tersebut,’’ katanya. (bel/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close