NgawiPeristiwa

Tenda Terbang Tersapu Angin Kencang, Pentas Seni HAI Dibatalkan

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Acara peringatan Hari Aksara Internasional (HAI) ke-54 di Alun-Alun Merdeka Ngawi berakhir lebih cepat Kamis (7/11). Itu setelah beberapa tenda peserta stan ambruk disapu angin kencang. ‘’Situasinya tidak mungkin untuk dilanjutkan,’’ kata Kepala Bagian Pendidikan, Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata Biro Administrasi Kessos Setdaprov Jatim Hadi Wawan Guntoro.

Menurutnya, kejadian itu memang tidak terduga. Padahal, malamnya terdapat pergelaran pentas seni. Berikut penyerahan hadiah bagi pemenang sekaligus penutupan acara. Tapi, semua kegiatan tersebut ditiadakan karena pertimbangan situasi dan kondisi di lapangan. ‘’Pertimbangan lainnya adalah soal keamanan,’’ ujarnya.

Hadi membeberkan, di venue acara peringatan HAI tersebut terdapat banyak kabel beraliran listrik. Kondisi itu dikhawatirkan bisa membahayakan nyawa para pengunjung dan peserta. Sekalipun sebenarnya pentas seni sudah siap digelar. ‘’Sudah kami sampaikan ke peserta, malam ini clean-up dan mengamankan barangnya masing-masing,’’ tuturnya.

Beruntung tidak ada korban dalam musibah angin kencang tersebut. Pihaknya juga belum bisa menghitung berapa besar kerugian materi yang ditanggung.

Aprilia Setyaning Widiyanti, salah seorang panitia acara dari Dinas Pendidikan (Dindik) Ngawi, mengungkapkan bahwa saat angin kencang menerjang, para peserta sedang break untuk melaksanakan salat Magrib. ‘’Awalnya cuaca sangat cerah tidak ada hujan, tapi tiba-tiba mendung gelap disusul angin kencang,’’ terangnya.

Aprilia yang kebetulan di lokasi kejadian lantas melaporkan peristiwa tersebut ke pihak pemprov. Sebelum akhirnya diputuskan acara dibubarkan lebih cepat dari jadwal semula. ‘’Sesuai arahan dari tim provinsi, semua kegiatan yang akan dilaksanakan dibatalkan,’’ katanya.

Pantauan Radar Ngawi, beberapa tenda peserta ambruk berantarakan pasca diterjang angin kencang. Bahkan, di antaranya ada yang menyangkut di atas paseban alun-alun. Sejumlah orang yang seharusnya sibuk menyiapkan acara pentas seni dan penutupan, berganti repot mengemasi barang-barangnya tadi malam. (tif/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close