Madiun

Temukan Cetakan Surat Suara Kosong

MADIUN – Proses sortir surat suara untuk Pemilu 2019 sudah berlangsung hampir sepekan. Selama itu, KPU Kota Madiun mendapati puluhan surat suara dalam kondisi tidak layak. Penghitungan baru berlangsung beberapa hari ke depan.

Namun, sampai dengan kemarin (11/3) KPU Kota Madiun sudah menyisihkan sekitar 30 surat suara yang rusak. Penyebab kerusakan, antara lain, pemotongan kertas yang tidak simetris, ada yang tintanya tembus, kertas kotor dan kusut, serta surat suara yang cetakannya kosong dan robek. ’’Kerusakan paling banyak pada surat suara pileg,’’ kata Ketua KPU Kota Madiun Sasongko.

Dia menyebutkan, penyortiran diupayakan selesai seluruhnya dalam satu pekan ke depan. Dengan begitu, dapat diketahui berapa lembar jumlah surat suara yang rusak. ’’Selanjutnya kami lakukan pelaporan ke KPU Jatim. Kalau memang surat suaranya masih kurang, kami minta ganti tambahan,’’ ujarnya.

Saat ini, kata Sasongko, sebanyak 51 tenaga lepas dikerahkan untuk melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara DPR RI. Mereka harus memeriksa sekitar 100 koli surat suara. Proses itu diperkirakan memakan waktu sekitar tiga hari. ’’Setelah selesai, dilanjutkan penyortiran dan pelipatan untuk surat suara DPRD Kota Madiun,’’ tuturnya.

Sedangkan terkait kebutuhan surat suara bagi pemilih tambahan, Sasongko menyatakan bahwa sampai saat ini belum ada petunjuk teknis dari KPU RI terkait persoalan tersebut. Sebab, penambahan surat suara bagi pemilih yang tercantum dalam daftar pemilih tambahan (DPTb) itu memang tidak ada dalam ketentuan UU Pemilu.

Seperti diketahui, dia menjelaskan bahwa surat suara yang diterima KPU Kota Madiun hanya berdasar pada daftar pemilih tetap (DPT). Yaitu, berjumlah 752.460 lembar ditambah dua persen untuk lima jenis surat suara. ’’Ini masih dibahas oleh KPU RI. Kami menunggu saja bagaimana proses selanjutnya,’’ kata Sasongko. (her/c1/ota)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close