Madiun

Tembak Kecepatan Pelaju Jalan Semibebas Hambatan

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Tidak ada artinya rambu dan sejumlah rekayasa diterapkan di Jalan Ring Road Barat tanpa diikuti penindakan. Karena itu, Polres Madiun Kota bakal menempatkan sejumlah personel. Sembari menanti program jangka panjang yakni pemasangan closed circuit television (CCTV) terealisasi.

Kasat Lantas Polres Madiun Kota AKP Budi Cahyono mewacanakan pengadaan speed gun bersamaan dengan pemasangan CCTV. Dia menjelaskan bahwa speed gun merupakan alat yang mengadopsi teknologi mutakhir. Berfungsi mengukur kecepatan kendaraan. ‘’Sehingga nantinya akan terdeteksi dengan akurat laju kendaraan yang melintas,’’ ujar Budi.

Budi mengatakan, speed gun menjadi alat andalan kepolisian untuk menindak pengendara ugal-ugalan. Apalagi, di jalur tersebut telah terpasang rambu batas kecepatan maksimal 60 km/jam di beberapa titik. Sehingga ke depan jalur tersebut tidak menjelma menjadi jalur semitol. ‘’Tujuannya jelas, untuk menekan angka kecelakaan di jalur tersebut,’’ katanya.

Speed gun digadang-gadang bakal menurunkan angka kecelakaan. Apalagi prinsip kerja speed gun menggunakan laser. Yakni, mengukur waktu pulang-pergi cahaya untuk mencapai suatu objek dan memantulkannya kembali. Kecepatan deteksi lebih cepat dibanding gelombang suara, sekitar 30 cm per nano detik. ‘’Akurasinya sangat tinggi dan menjadi alat andalan untuk penindakan,’’ ungkapnya.

Alat tersebut mampu mendeteksi kecepatan kendaraan dari jarak 300 meter. Hal itu diharapkan mampu menekan angka kecelakaan di jalur tersebut. Seperti diketahui, jalur itu resmi ditetapkan sebagai jalur black spot atau rawan kecelakaan. Sedikitnya tujuh nyawa melayang dan 22 orang mengalami luka dalam 15 kecelakaan yang terjadi di jalur itu. ‘’Dengan pemasangan rambu dan rekayasa yang ada diharapkan dapat menekan angka kecelakaan,’’ ucapnya.

Saat ini beberapa rekayasa yang menjadi keputusan Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (FLLAJ) terus dikebut. Setelah rambu batas kecepatan, larangan parkir, dan U-turn terpasang, pihak terkait bakal memasang speed bump dan pita penggaduh. Fungsinya untuk mengurangi kecepatan kendaraan yang melintas di jalur tersebut. Zona selamat sekolah (ZoSS) bakal dipasang di tiga sekolah yang berada di jalur tersebut seiring dimulainya paket pekerjaan perbaikan markah. Diperkirakan ZoSS dipasang awal bulan mendatang. (kid/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close